Ketan Urap By Ineke Damayanti

Bismillah.

Assalamualaikum, dear ibu ibu host resep anti gagal NCC. Ketan urap
salah satu varian jualan saya hari ini. Alhamdulillah laris manis.
Saya pakai resep Ibu Fatmah Bahalwan. Kalau di sini ketan urap di
sajikan bersama kelapa parut kukus,namun di jakarta ada tambahan
sambal kacang encer dengan dominan rasa pedas dan asam.

Ketan Urap ini selalu di cari oleh penunggu pasien rumah bersalin yang
letak nya persis di seberang tempat saya berjualan. Kalau pagi pagi
masih hangat di jajakan,aroma kelapa parut nya itu menggugah selera.
Sengaja saya buatkan takir dari daun pandan untuk menarik minat
pembeli. Bahan nya sederhana dan cara membuat nya tidak banyak
kendala. Namun kehadiran nya tidak pernah lekang oleh jaman.

Ini resep nya
Ketan Urap
Sumber Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan bahan
500 gr beras ketan
500 ml air
1/2 sdt garam
1/2 butir kelapa,parut memanjang lalu kukus

Cara membuat
Rendam ketan selama 1 jam,kemudian tiriskan.

Kukus ketan selama 20 -30 menit. Angkat lalu letakkan dalam wadah.

Masak air sebanyak 500 ml bersama garam. Sesudah mendidih masukkan ke
dalam ketan yang telah di kukus.Aduk sampai rata. Diamkan sampai air
terserap habis.

Kukus kembali ketan sampai matang.

Angkat lalu kipas kipas untuk mengeluarkan hawa panas.

Bentuk bulatan seberat 40 gr lalu guling kan ke kelapa parut kukus.

Siap di jual..eh…loh iya di jual di warung saya..he..he..

Alhamdulillah, tetap menjadi menu favorit di tempat saya berjualan.

Terima kasih ibu ibu host,selamat bertugas ya.

Wassalam.

Leave a comment