Lapis Legit NCC by Citra Kw

lapis-legit-ncc

Salam para host yang makin sibuk.
Memang ya kalau hidup jauh di rantau itu selain jauh dai sanak kerabat, yang paling nyesek dada adalah kangen makanannya! Salah satu yang terngiang-ngiang adalah lapis legit yang aduhai legitnya. Teman-teman disini juga kalau habis liburan dari tanah air yang dibawa selain terasi adalah lapis legit ini..hihihihi*:"> blushing
Jadi ceritanya beberapa hari lalu ada seorang kawan yang baru dari kampung, bawa seloyang lapis legit. Karena ingin dibagi-bagi dengan beberapa teman yang ada disini, akhirnya tuh lapis legit dipotong-potong sampai kecil-kecil! ..hahahaha.. ya udah yang penting semua kebagian. Termasuk saya kebagian dua potong kecil *:) happy
Akhirnya karena kurang tapi gak ada, ya udah akhirnya nekat bikin sendiri. Suami suka banget. Dia bilang gak eneg sih… ya sudah..saya gak cerita ke suami jumlah telur dan butter yang kepakai, ntar dia “keseret” makannya *:D big grin
Kali ini saya bikin setengah resep saja dari resepnya Bu Fat karena gak punya loyang ukuran gede. Maunya sih sekalian biar capek nongkrong depan ovennya sekalian kan..apa daya, gak ada loyang yang 20 cm itu. Untuk bumbu spikunya saya pakai tetep 1 sdm walau setengah resep. Terus saya bagi adonan jadi 2, yang satu tambahin pewarna brown.
Maaf ya kalau kurang rapih motongnya dan lapisannya, maklum baru pemula.
Oke..ini resepnya NCC saya tulis ulang. Pokoknya rekomen deh!

Bahan A:

700 gr mentega dingin, potong kotak-kotak kecil
320 gr gula halus
1 sdt garam
4 sdm susu kental manis
1 sdt vanilla pasta

Bahan B:

880 gr kuning telur (lk. 48 butir telur)

Bahan C:

60 gr tepung terigu protein sedang
20gr 
susu bubuk
1 sdm bumbu spekoek

Bahan olesan:

Mentega tawar secukupnya untuk mengoles tiap lapisan

Cara membuat:

  1. Loyang 20x20x7cm, polesi dengan mentega dan alasi kertas roti.
  2. Campur Bahan A, kocok sekitar 15 menit dengan kecepatan sedang. Kemudian masukkan Bahan B sambil dikocok dengan kecepatan rendah. Bila sudah tercampur rata, matikan mixer.
  3. Masukkan Bahan C, aduk sampai rata.
  4. Timbang adonan 100 gram, masukkan ke dalam loyang. Ratakan adonan ke seluruh dasar loyang. Panggang dalam oven suhu kira-kira 200 derajat Celsius dengan api bawah dulu. Setiap lapisan memakan waktu lk 5 menit, sampai warna kecokelatan.
  5. Keluarkan dari oven, segera poles dengan unsalted butter, tuang adonan sebanyak 100 gr  ke dalam loyang. Oven lagi dan biarkan 5 menit.
  6. Angkat, lakukan lagi step no 5. Bila ada gelembung pada lapisan kedua ini, tusuk dengan tusuk gigi, lalu tekan lembut dengan punggung sendok. Putar loyang sesekali agar warna kecokelatan merata.
  7. Untuk lapisan selanjutnya gunakan oven dengan api atas. Lakukan hingga adonan habis.
Selamat mencoba.
Happy baking
Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s