Tauge Goreng Tauco By Ineke Damayanti

Bismillah.

Assalamualaikum,dear ibu ibu host. Ini resep terakhir yang biasa di
sajikan dari dapur saya. Termasuk resep anti gagal juga. Ini menu
makan malam keluarga kami hari ini. Biasanya saya memasak untuk sekali
makan saja jadi gak bosan. Tauge Goreng Tauco ini biasa di jajakan
daerah ibukota jakarta, di jual keliling oleh abang abang dengan cara
pikul. Pakai nampan bahan enamel. Ketika rindu akan kota kelahiran
saya, berusaha memasak menu yang biasa dan mudah di temui di jakarta.
Buat nya tidak sulit dan bahan bahan nya mudah di dapat.

Alhamdulillah saya kenal NCC dari mulai menjadi anggota millis sampai
gabung di group FB. Wah sungguh luar biasa manfaat nya. Dari mulai
saya tidak bisa masak dan buat kue sampai bisa berjualan. Benar kata
Ibu Fatmah,Coba tengok dapurnya,siapa tahu rejeki itu datang dari
dapur.  Kondisi saya di tinggal bapak dan ibu menghadap sang
Pencipta,tidak bisa apa apa. Mau bertanya buat ini resep nya apa ke
mana. Alhamdulillah ada wadah nya tempat saya bertanya, cukup dengan 1
jari apa yang saya cari ada. Ya betul,semua ada di Web dan Millis NCC.
Tinggal rajin menyimak dan baca tips, Trial and error sendiri,Insya
Alloh ada peningkatan diri. Ah jadi ngelantur,kembali bahas Tauge
Goreng Tauco saja ya.

Ini resep nya
Tauge Goreng Tauco
Penulis Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan bahan
200 gr mie kuning,saya pakai mie telur istimewa NCC
100 gr tauge,seduh lalu tiriskan
2 buah tahu putih,goreng,potong dadu
2 buah lontong matang

Bahan kuah
3 buah cabai merah haluskan
8 buah bawang merah haluskan
1/2 sdt garam
1 sdm gula
4 sdm tauco manis
6 sdm kecap manis
50 ml Minyak untuk menumis
400 ml air matang
1 papan oncom remas remas

Pelengkap 3 batang daun bawang iris kasar

Cara membuat
Tumis bumbu halus sampai harum.

Masukkan garam dan gula.

Masukkan tauco dan kecap manis

Beri air sebanyak 400 ml.

Masukkan remasan oncom,masak sampai bumbu meresap.

Penyajian
Dalam piring,taruh mie,potongan tahu,tauge dan lontong.

Siram dengan bahan kuah lalu tabur dengan irisan daun bawang

Siap di sajikan.

Biasanya di jakarta pakai oncom ampas tahu,tapi kalau di bandung
adanya oncom kacang. Padahal saya kangen berat makan oncom dari ampas
tahu. Di sini untuk pakan ternak sapi jadi tidak ada yang mengolah
ampas tahu. Insya Alloh mau buat laksa jakarta juga ah, ada resep nya
di web NCC, Alhamdulillah bisa mengobati rasa kangen akan kuliner
tempat kelahiran saya.

Terima kasih ibu ibu host, semoga bertemu kembali pada event berikut
nya. Ikut event ini seperti memutar film kehidupan saya dari mulai
tidak bisa apa apa sampai menghasilkan yang luar biasa,Alhamdulillah.
Selamat istirahat.

Wassalam.

Leave a Reply

