Roti Empuk (Resep Dasar Roti) By Ineke Damayanti

Bismillah.

Assalamualaikum, dear ibu ibu host,semoga sehat selalu ya. Ini saya
buat Roti empuk untuk bekal snack time anak saya. Kalau hari jum’at
ada ekskul pramuka suka ada acara jelajah. Bawa bekal yang cukup
mengenyangkan. Saya buat dalam bentuk pizza mini. Dulu jadi bakulan
kue saya,tapi berhubung waktu nya masih tersita untuk batita,jadi cuti
dulu dunia rerotian. Pizza nya juga gak pakai mozarella. Hanya pakai
saus tomat handmade, irisan baso ayam, tabur keju parut dan daun
bawang. Adonan dasar pizza nya saya pakai resep Roti Empuk NCC. Resep
roti ini bisa di buat roti manis dan roti asin.

Ini resep nya
Sumber Ibu Fatmah Bahalwan

Roti Empuk (Resep Dasar Roti)

Bahan bahan
500 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr gula pasir
25 gr susu bubuk
4 butir kuning telur
11 gr ragi instan
3 gr bread improver,saya tidak pakai
130 ml susu cair
100 ml air es
100 gr mentega/margarine
1 sdt garam

Cara membuat
Dalam wadah campur tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, dan ragi
instan. Aduk rata.

Masukkan susu cair,air es dan kuning telur. Aduk sampai rata dan uleni
sampai kalis.

Masukkan margarine dan garam,uleni lagi sampai kalis elastis.

Istirahat kan adonan selama 15 menit, kalau saya bisa 30 menit. Sampai
adonan mengembang sampai 2 kali nya.

Kempiskan adonan,uleni sebentar. Timbang 40 gr lalu bentuk sesuai selera ya.

Diam kan sekitar 15 menit.

Panggang selama 15 menit dengan suhu 175 ℃.

Bila untuk roti manis,di poles dulu dengan bahan polesan baru di panggang.

Bahan polesan
3 butir telur
1/2 sdt garam
2 sdm susu

Roti ini bisa tahan 3 hari. Tetap empuk asal cepat di masukkan ke
dalam wadah kedap udara.

Terima kasih ibu ibu host,selamat bertugas ya.

Wassalam.

Leave a Reply

