Brownies 1/2 kilo By Galuh Candrarini

Selamat pagi 5 admin Bee-autiful

Ini email kedua saya hari ini. Walaupun di pengumuman, even resep anti gagal ditutup tanggal 24 november jam 24.00, tapi saya tetap kirim email ini 😊

Ceritanya Alhamdulillah saya baru saya membeli oven listrik yang sudah didamba dambakan beberapa tahun belakangan. Tapi baru kesampain minggu kemarin.
Ini percobaan kedua saya berkencan dengan oven listrik, saya memilih resep dari teh Nicke yaitu Brownies 1/2 kilo. Walaupun prakteknya, saya hanya memakai setengah resep alias Brownies 1/4kilo.
Kemarin sempet dag dig dug akan hasilnya. Tapi pas saya tanyakan hasilnya ke Fb Ncc, ternyata tekstur brownies teh Nicke memang sudah tepat. Sudah keluar juga Shiny crust nya. Jadi pede untuk setor kesini 😊

Ini saya ambil resep dan trik nya disini

Brownies Setengah Kilo
Bahan :
1/2 kg telur (8 butir)
1/2 kg gula pasir
1/2 kg tepung terigu
50 gram Coklat Bubuk (pake van houten)
1/2 kg DCC (Dark Cooking Coklat) di lelehkan.
Bahan cair 500 gr (mentega dan minyak) :
250 gr mentega
250 gr minyak
tambahan untuk selera  (optional) :
vanili
100 gr susu bubuk/ 2 sdm Sussu Kental manis
2 sdm nescafe cairkan dulu sedikit dengan air panas
Cara membuat very simple :
1. siapkan 4 buah loyang (25x10x4) alasi kertas kue…
2. panaskan oven,
3. lelehkan (coklat dan mentega di masing2 tempat),
4. Kocok telur dan gula larut dan adonan mengental,
5. masukan tepung, coklat bubuk,
6. lalu masukkan bahan cair (coklat, minyak, mentega)
7. bagi di 4 loyang, panggang.
Tadi saya tambahkan di tengah adonan potongan Collata compound milk  Coklat, dan compound chocolate button…biar agak lembut tengahnya
TIPS DAN TRICKS :
– Pengocokan dan Shiny Crust :
– Ibu Hadiati : Kalau saya telor dan gula di mixer sampai tercampur dgn kecepatan rendah saja asal gula pasirnya sudah larut dan jangan lama2 nanti mengembang. Biasanya keluar shiny crustnya, itu tip saya dapat dari google
– Ibu Endah Kusumaningrum :  urun pengalaman, kalau menurut hipotesa saya, lapisan itu terbentuk dari pengocokan telur berbaur dengan gula. Semakin sempurna gula larut dalam telur , akan berbaur dgn bubbles yg berasal dari telur.
Lalu ketika dipanggang dengan panas tinggi, bubbles ini akan bergerak ke atas relatif cepat, dan bubbles yg bercampur gula ini terperangkap oleh panas yang asalnya dari atas. Sehingga terbentuk kerak ( crust ). Kenapa bisa mengkilat, karna gula yg larut sempurna, kenapa tipis karna sifat bubbles tadi yg “ringan” .
Jadi hasil googling mba Hadiawati diatas betul, jangan lama2 mengocok. Maksudnya adalah jangan sampai kocokan telur berubah jadi foam , melainkan bubbles saja. Kalau ini menurut logika saya…
Penambahan dark cooking chocolate mungkin berpengaruh banyak pada moist dan kepadatan brownies. Soalnya saya dan pasti banyak teman telah coba pennylane brownies yg terkenal itu… Tanpa dcc juga bisa menghasilkan crust yg canteek..
Jadi hasil googling mba hadiawati diatas betul, jangan lama2 mengocok. Maksudnya adalah jangan sampai kocokan telur berubah jadi foam , melainkan bubbles saja. Kalau ini menurut logika saya….
– Ibu Resti Bakulklapertaart Vurwarin :  saya baca di buku serba serbi Brownies, shiny crust muncul jika :
1. cairan coklat blok dan mentega leleh sdh dingin saat dicampur ke adonan telur dan gula. Kalo tidak, maka shiny crust tidak muncul.
2. suhu pemanggangan harus pas. Kalo terlalu panas, bukan shiny crust yg muncul, tapi permukaannya malah buram. Di oven saya pakai suhu 160-170 c.
Tips tambahan :
– untuk mendapatkan permukaan yang Shiny dan Crust, Pastikan oven sudah cukup panas sewaktu adonan dimasukkan (20 menit), Oven yang sudah cukup panas akan memunculkan lapisan coklat tipis transparan di permukaan brownies, membuat tampilan brownies semakin cantik. Kalau suhu oven kurang panas, lapisan ini tidak akan muncul. Selain itu pengocokan gula juga harus sampai larut. Bila dua hal ini sudah terpenuhi, biasanya lapisan tipis mengkilap ini akan muncul di bagian atas brownies.
– Pada pemakaian 1 resep brownies ini, dengan menggunakan 4  loyang Brownies berukuran (10x25x4) dan (10×304), maka 1 loyangnya didapat sekitar 500-600 gram adonan.
– Pada pemakaian 1/4 resep brownies ini, bisa didapatkan 9 cup cake dengan  diameter atas cup 6,5cm
– Bila member belum punya Oven, silahkan mencoba dengan cara mengukus supaya tidak penasaran, sudah ada beberapa member yang mencoba dengan cara Kukus.
TOPPING :
– Topping Hitz yang diangkat oleh Tunas Riani Dari “Brownies Porraya”  walaupun tentu saja resep tidak akan dikeluarkan, pemakaian toping nya sungguh memikat hati, contoh Oreo, Kitkat, Nutella, Skippy, Chunky Bar, Blueberry white Chocolate, dll, Tunas berbagi sharing tips contohnya :
– Untuk kitkat sebaiknya ditaruh sebagai filling. Bukan topping. Karna kalo jadi topping kitkat nya ga akan cantik lagi nanti. Agak gosong dan keriput Kalau mau dipakai untuk topping bisa pakai silverqueen. Yang chunky bar atau bites. Produk silverqueen tahan bakar. Ga akan gosong.
– jangan lupa pakai yang jenis dark ya untuk silverqueen Chunky Bar nya. Karna adonan brownies nya udah manis. Jadi toppingnya lebih enak pakai yang dark chocolate. Eh tapi kembali ke selera masing-masing sih ya. Kalo memang suka manis ya ga apa-apa pakai yang milk chocolate.
– cara panggang topping, Kalau yang chunky bar sebelum dipanggang.
– Topping nutella, brownies dipanggang dulu 15 menit lalu dikeluarkan, diberi topping nutella, masukkan lagi ke dalam oven. Panggang sampai matang.
– Topping Almond : pakai Almond yang udah bentuk slices. Jadi langsung tabur aja di atas trus panggang.

Sekian laporan resep anti gagal dari saya.
Terimakasih
Salam
Galuh Candrarini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s