Urap Sayur NCC by Selma Alan

urap-sayurncc

Apa kabarnya ibu host dan teman-teman? semoga sehat selalu yaa

Bumbu urap sisa pare tadi kita bikin urap sayur yuk. Sekalian supaya hari ini sajian sayurnya banyak dan sehat-sehat. Sebenarnya saya kurang suka urap. Sering nggak cocok dengan rasanya. Kadang aneh gitu bumbu urapnya. Sebelumnya belum ada yang pas di lidah. Alhamdulillah resepnya bu fatmah ini enak urapnya. Bisa lumayan sedikit suka deh, hihi. Urap ini insyaAllah sehat. Apalagi pakai sayuran organik tanpa pestisida. Saya membuat urap original aja, nggak banyak banged sayurnya. Pengen banyak tapi di warung susah dapat sayuran. Pengen mengajarkan juga untuk anak-anak supaya suka makan sayuran.
Resep Urap Sayur
oleh Ibu Fatmah Bahalwan.
Bahan bahan
1 ikat kangkung
1 ikat bayam
1 ikat kacang panjang
250 gr kol putih
100 gr tauge
Saya tambahkan wortel 1 buah, labu siam kecil 2 buah,daun singkong dan daun pepaya.
Bumbu urap
1 butir kelapa agak muda, kupas kulit luar lalu parut memanjang.
3 buah cabai besar
3 buah bawang merah
1 buah bawang putih
1 sdt terasi,saya ganti 2 lembar daun salam
1 ruas kencur,saya ganti lengkuas,saya gak suka rasa kencur
2 buah daun jeruk
1 sdm gula merah di sisir halus
Cara membuat
Rebus semua sayuran secara bergantian lalu tiriskan.
Bumbu urap
Dalam wadah,campur kelapa parut dengan bumbu halus. Aduk sampai rata. Siapkan dandang pengurus, kukus bumbu urap selama 30 menit.
Bisa juga di sangrai di wajan. Kalau sisa bumbunya besok tinggal di sangrai sampai kering,jadi serundeng kelapa. Nikmat di santap bersama nasi hangat bersama kerupuk warung.
Kalau sudah matang bumbu urap nya bisa di campur dengan rebusan sayur tadi, siap di sajikan.
Bisa di tambah mentimun di iris dan daun kemangi….seger banget.
Sajian ini dipersembahkan oleh dapur comel selma. Semoga suka ya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s