Nasi Kuning Tumpeng NCC by Selma Alan

nasi-kuningncc

Salam anti gagal ^_^….
Membuat lauk pauk yang enak dan sayur yang segar, rasanya kurang klop kalau nasinya kurang spesial ya. Coba bikin nasi kuning tumpeng ini yuk. Walaupun saya nggak pernah bikin sebelumnya, nggak pernah buat tumpeng. Tapi katanya nasi ini enak dan mudah dibentuk. Saya kan penasaran juga gimana sih kok bisa membentuk nasinya macam-macam begitu. Karena nggak ada cetakan tumpeng, ya saya makan biasa aja tanpa dicetak. Nasi kuning tumpeng ini cocok disajikan dengan lauk pendamping tumpeng. Kalau saya dengan lauk apapun jadi, kan nasinya udah enak gini. Sama ikan asin aja udah ayok makan….Resepnya dari bu fatmah bahalwan, terima kasih inspirasinya ya bu.
Nasi Kuning Tumpeng
:: Penulis : Fatmah Bahalwan
Bahan :
800 gr beras putih
200 gr beras ketan
1200 ltr santan
1 sdm kunyit halus
2 sdm garam
4 lbr daun salam
1 lbr daun pandan
2 btg sereh
1 sdm air jeruk nipis.
Cara Membuat :
Campur beras dan beras ketan, cuci bersih tiriskan, kukus.
Sementara itu campur kunyit dan santan, saring, buang ampas kunyit. Masak bersama daun salam, pandan dan sereh. Tambahkan garam. Masak tersu hingga mendidih. Matikan api.
Masukkan beras yg masih panas kedalam santan, aduk rata. Biarkan hingga santan terserap habis, dan beras menjadi aron. Tuangi air jeruk nipis. Aduk rata.
Kukus beras aron selama 20 menit, angkat. Cetak dalam cetakan tumpeng, yang ujung lancipnya sudah dialas daun pisang dan dipoles sedikit minyak sayur.
Sajian ini dipersembahkan oleh dapur comel selma. Semoga suka ya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s