CHUNKY BROWNIES KUKUS by wiwik wahyudi

brownies cungkylrps11namedkcl.jpg

Assalamualaikum wr. wb. host NCC resep anti gagal.

Ini setoran kedua saya sebelum tenggat waktu nanti jam 12 malam. Resep cake ini sudah sangat lama ada di websitenya NCC Indonesia. Dulu bisa ditemukan di website yang sekarang dengan judul old site. Namun sekarang old site sudah tidak bisa diakses. Sehingga jika perlu resep – resep lama bisa menghubungi admin NCC Indonesia melalui milis, FB, atau twitter.

Resep ini selain ada di websitenya NCC yang dulu juga ada di milis. Biasanya Bu Fatmah posting resep baru di milis bersamaan dengan yang di website.

Sedikit bercerita tentang milis NCC. Dulu sebelum facebook seramai sekarang, sebelum banyak grup – grup masak di facebook, milis NCC sangat ramai. Dalam sehari email yang masuk bisa mencapai ratusan. Banyak diskusi – diskusi yang bermanfaat. Tidak ada sara. Dan karena jumlah email yang masuk sangat banyak, kebiasaan saya adalah menyimpannya dulu dalam folder sebelum saya baca email – email yang berhubungan dengan suatu resep. Yang mana sekarang itu sangat menguntungkan saya.

Atau bila saya membutuhkan informasi tentang trik – trik dari pembuatan cake, tinggal saya ketik NCC Indonesia yahoo groups. Dan masukkan kata kuncinya. Pasti akan terlihat riwayat diskusinya.

Kembali ke resep cake yan saya setor ini. Resep ini saya temukan di folder tersimpan saya. Chunky Brownies Kukus pertama kali dikenalkan oleh Bu Fatmah Bahalwan 9 Mei 2012. Maaf kalau salah ingat tanggalnya. Menarik untuk dicoba. Setelah mempelajari resepnya langsung belanja bahan dan dilanjutkan dengan persiapan bahan untuk besok.

Kesulitan yang saya alami saat membuat cake ini adalah tidak disebutkan ukuran loyang yang digunakan juga sedikit kebingungan menafsirkan bahan E. Tidak ada keterangan apakah bahan dilelehkan atau tidak. Dan setelah membaca berulang-ulang kemungkinan bahan E dilelehkan. Di milis sudah ada yang menanyakan tentang ukuran loyang ini. Namun belum terjawab dengan pasti. Akhirnya saya gunakan dua buah loyang brownies panggang. Hasilnya ternyata sedikit kekecilan. Sisa adonan saya kukus di loyang bulat diameter 18 cm

O iya ada permasalahan yang sering saya hadapi setiap saya membuat brownies kukus. Kenapa permukaannya tidak bisa rata atau bisa dibilang tidak mulus? Selalu berlubang – lubang seperti permukaan rembulan. Adakah yang bisa membantu menjawab pertanyaan saya ini?

Jadi inilah cerita saya tentang Chunky Brownies Kukus.

Dan untuk resepnya, inilah salinan resep dari milis NCC Indonesia

Salam Manis

CHUNKY BROWNIES KUKUS

Fatmah Bahalwan

Cokelat masak yg dituang motif marmer paling akhir akan tenggelam ketengah cake hingga menyerupai filling. Cake kukus ini rasanya enak, tekstur halus lembut dengan aroma kacang yang wangi. Prinsip pembuatannya murni sponge cake.

CHUNKY BROWNIES KUKUS

Bahan A:

  • 8 btr           telur
  • 200 gr        gula pasir
  • 20 gr          cake emulsifier
  • 1 sdt          vanilli ekstrak

 

Bahan B:

  • 175 gr        tepung terigu
  • 25 gr          susu bubuk full cream
  • 1 sdt          baking powder

 

Bahan C:

  • 100 gr        white cooking chocolate
  • 100 gr        mentega

 

Bahan D:

  • 50 gr          selai kacang chungky
  • 1 sdm        essence coffee noir

 

Bahan E:

  • 75 gr          dark cooking chocolate

 

Cara membuatnya:

–          kocok bahan A sampai kental, masukkan bahan B sambil diayak, aduk rata, tuangi bahan C, aduk rata.

–          Ambil 100 gr adonan, beri bahan D, aduk rata, lalu tuang kedalam adonan secara acak, bentuk motif marmer.

–          Tuang ½ bagian adonan kedalam loyang. Kukus hingga matang., tuang lagi diatasnya sisa adonan. Paling atas tuangi bahan E, lalu acak spy membentuk motif marmer. Kukus hingga matang. Angkat.

 

Leave a Reply

