Tape Ketan Hijau NCC by Ineke Damayanti

Tape ketan hijau.jpg

Bismillah.

Assalamualaikum, dear ibu ibu host. Ini resep anti gagal yang baru
pertama kali nya saya buat, tape ketan hijau. Yeay…akhirnya matang
tape nya dan berhasil, duh senang banget. Biasanya saya hanya tahu
makan tape saja gak ngerti cara buat nya. Saya survei dulu ragi yang
buat tape tanya tanya testimoni nya, tape nya jadi manis atau asam.
Kata tukang tape nih, rasa manis tidak nya tape di tentukan juga oleh
ragi nya. Kualitas bagus semakin bagus tape yang di hasilkan. Jangan
kebanyakan atau kurang ragi juga berpengaruh. Ya ampun …buat saya
bikin tape ketan sendiri itu perlu keahlian tinggi. Apalagi di Bandung
sini tempat produksi tape singkong dan tape ketan. Mungkin karena
itulah saya gak pernah tertarik untuk membuat, tinggal beli aja.
Berhubung ada sahabat suami yang mau berkunjung ke rumah mau di
bawakan oleh oleh apa ya. Kalau brownies mah sudah biasa, mau nya sih
lain dari yang lain. Alhamdulillah kata yang di bawakan oleh oleh tape
ketan nya legit dan manis.

Sampai deg deg an saya menunggu proses matang nya tape ketan ini.
Sengaja saya taruh di wadah transparan supaya terlihat. Sampai suami
senyum senyum sendiri lihat saya yang bolak balik lihat wadah
menyimpan tape. Tak apa lah sudah terbayar, sukses buat tape ketan
nya. Saya hanya ingat pesan Alm. ibu saya,kalau buat tape semua wadah
dan tangan yang buat harus bersih. Jangan kena garam nanti gak jadi
tape ketan nya.

Ini resepnya Tape Ketan Hijau NCC
Sumber Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan bahan

500 gr beras ketan
1 liter air untuk merendam
2 sdm pasta pandan,saya pakai daun pandan dan suji yang di blender
400 ml air
3 buah ragi bulat
5 sdm gula pasir

Cara membuat

Rendam beras ketan selama semalam, karena saya punya ketan yang
kualitas super jadi tidak perlu di rendam.

Kukus beras ketan selama 30 menit. Angkat lalu taruh di dalam wadah.
Beri air yang telah di campur perasan air daun suji dan pandan. Karena
ketan nya pulpen banget jadi saya gak pakai semua 400 ml air nya.

Kukus kembali ketan sampai matang. Angkat lalu hilangkan uap panas nya
dengan di gelar di tampah. Biarkan sampai dingin.

Hancurkan ragi, lalu taburkan di atas hamparan ketan yang sudah
diangin anginkan. Beri gula pasir lalu aduk sampai rata.

Pindahkan ke dalam wadah kedap udara,tutup rapat. Biarkan selama
kurang lebih 3 hari.

Kalau berhasil,di dasar wadah ada air tape nya.

Terima kasih ibu ibu host,selamat bertugas.

Wassalam.

Leave a Reply

