Soto Betawi NCC by Ineke Damayanti

soto-betawi

Bismillah.

Assalamualaikum, dear ibu ibu host.  Saya setor kembali ya resep anti
gagal NCC yaitu Soto Betawi. Dari dapur saya ada menu 5 provinsi yang
biasa tersaji. Menu Jawa Tengah,Jawa Timur, Jawa Barat,Lampung dan
Betawi. Alm.bpk berasal dari Yogyakarta,Alm ibu berasal dari Ponorogo
dan kami tinggal di Jakarta, jadi sehari hari waktu kecil dulu akrab
dengan menu JawaTengah,Jawa Timur dan Betawi. Menuntut ilmu di
lampung, belajar masak menu Lampung. Nah sekarang hijrah ikut suami
menetap di Bandung. Kalau lagi kangen kota kelahiran saya,  masak menu
yang mengingatkan dimana saya pernah tinggal. Alhamdulillah anak anak
dan suami bisa menyukai menu yang saya buat walau tidak familiar di
lidah. Untuk soto betawi saya pakai resep Ibu Fatmah, soal nya ketika
ibu dan bapak masih ada kalau buat soto betawi cemplang cemplung saja.
Saya saat itu hanya tahu makan saja.

Ini resep Soto Betawi
Sumber Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan bahan
250 gr sandung lamur
150 gr paru
150 gr usus
150 gr babat
500 ml santan atau susu. Saya pakai santan.
1500 ml air
3 sdm minyak goreng
Karena saya buat untuk menu Batita dan anak saya, jadi saya gak pakai
jeroan. Saya pakai daging yang untuk semur lalu saya presto.

Bumbu halus

3 buah cabai merah,saya tidak pakai.
10 buah bawang merah
7 buah bawang putih
1 sdt Merica bubuk
1 sdt garam
1 iris jahe
2 sdt jinten
2 lbr daun salam
2 batang serai geprek
1 sdt cengkeh, saya pakai 3 kuntum bunga cengkeh.
5 sdm minyak goreng

Cara membuat

Saya rebus daging dengan air 1500 ml dengan panci presto. Sebelum di
rebus saya potong potong dulu daging nya.

Tumis bumbu halus dengan 5 sdm minyak goreng sampai harum. Masukkan ke
dalam rebusan daging.

Masukkan daun salam,jahe,dan serai geprek dan garam.

Masukkan santan, aduk terus sampai mendidih. Siap di sajikan bersama pelengkap.

Pelengkap
2 buah tomat iris
1 batang daun bawang iris
1 batang daun seledri
Bawang goreng
Emping
Sambal cabai rawit
Acar mentimun

Lengkap sudah terobati rasa kangen saya akan kota di mana saya di
lahirkan dan di besarkan. Alhamdulillah anak anak,batita saya pun
suka.

Terima kasih ibu ibu host, selamat bertugas dan tetap sehat ya.

Wassalam.

Leave a Reply

