Putu Ayu NCC by Selma Alan

putu-ayuncc

Dear Ibu Host Anti Gagal

Buat kue dulu ya. Untuk acara keuarga nanti malam. Sengaja buat banyak macam tapi seperempat resep saja. Kalau acara-acara gitu nggak mesti banyak jumlahnya, tapi banyak macamnya supaya bisa dihidangkan cantik gitu sebagai pemanis, apa ya istilahnya, kalau kami bilangnya “dihidang”, hehe. Membuat kuenya sama adik-adik aja, saya kebanyakan intruksi, mereka bantu-bantu, hehe. Kalau buat rame-rame, capeknya nggak begitu kerasa. Udah agak terbiasa buat kue untuk acara sejak mahrojan di madinah. Dibuatnya dari dua hari yang lalu, tapi baru ada waktu, dan sempat difoto sekarang.. Kalau jajanan yang mudah basi dibuat hari ini seperti putu ayu ini. Siang ini masak menu masakannya, masih mengumpulkan tenaga dulu. Semangat….:)
Putu ayu termasuk jajanan cantik yang sering saya buat. Punya kenangan tersendiri. Awal bikin putu ayu, saya tidak menggunakan kelapa parut sebagai toping. Waktu itu saya baru datang ke madinah, dan saya sangka nggak ada kelapa parut. Belakangan baru tahu dari teman, kalau ada yang jual kelapa parut kering. Sekarang di indonesia dan lebih mudah dapat kelapa parut, malah nggak pernah bikin putu ayu. Jadi sekarang mau menapak tilas kenangan dulu ya. Terkadang membuat sajian yang penuh nostalgia ini membuat saya semangat membuat olahan masakan dan kue. Cerita putu ayu ini saya tuangkan di buku yang saya tulis bareng teman-teman di buku “Jas Dokter Berganti Celemek”. Resep putu ayu yang sekarang saya peroleh dari bu fatmah, sedap dan beraroma pandan. Coba deh.
Putu Ayu
by Fatmah Bahalwan
Bahan :
5 butir telur  1
100 gr gula pasir 20
1/2 sdt vanili
1/2 sdt garam
1 sdm emulsifier
200 ml santan  50
200 gr terigu 50
1 sdm pasta pandan
1 sdt pewarna hijau
kelapa parut (kukus kurleb 15 menit, bisa diberi 1/2 sdt garam, taburi sedikit vanili bubuk)
Cara membuat :
1. Kocok gula + telur + garam + vanili hingga mengembang / kaku
2. Masukkan emulsifier, kocok lagi hingga kental
3. Matikan mixer, masukkan terigu secara bertahap sambil aduk rata
4. Tuang santan sedikit demi sedikit, aduk rata
5. Padatkan kelapa parut di cetakan
6. Tuang adonan sampai penuh keseluruh cetakan
7. Kukus selama 15 – 20 menit
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s