PUKIS MENUL NCC OLEH:NI MADE WIWIN WIDIANI

2016-11-23_11-17-47

NCC Resep Anti Gagal
RESEP: PUKIS MENUL
OLEH:NI MADE WIWIN WIDIANI
Pertama kali buat kue ini ,kesan dan pesan ¨Bahan sederhana ,rasa juara¨.Kedua kali buat ,kesan dan pesan ¨Pukis ini buat ketagihan¨.Ketiga kali buat sambil terus belajar menemukan metode yang pas, dan akhirnya kesan dan pesan ¨PUKIS, iam in love. Kue ini betul betul menjadi salah satu kue favourite saya dan keluarga,bukan hanya bahannya yang mudah didapat tetapi proses pembuatanya yang tidak rumit dan tidak banyak menguras tenaga pun menjadi point plus.Terlebih lagi ada rasa legit dari santan kelapa dan teksturnya yang empuk yang selalu membuatnya terasa nikmat.
Berikut resep PUKIS MENUL

Pukis Menul

By Fatmah Bahalwan

Bahan A:

25 gr tepung terigu protein sedang
50 ml air
1 sdt ragi instan

Bahan B:

3 btr telur
200 gr gula pasir
1/2 sdt vanilla
250 gr tepung terigu protein sedang
300 ml santan sedang
50 ml minyak goreng
1 sdt garam

Cara membuatnya:

  1. Campur Bahan A, aduk rata, diamkan 15 menit.
  2. Di tempat lain, kocok telur, gula pasir dan vanilla hingga kental, masukkan adonan A, aduk rata.
  3. Masukkan juga bergantian tepung terigu dan santan yang telah diberi garam sambil diaduk hingga rata. Tuangkan minyak, aduk rata. Saring bila perlu. Diamkan selama 1 jam.
  4. Panaskan cetakan kue pukis, tuang adonan setengahnya saja. Biarkan hingga terlihat bersarang. Tutup. Matangkan. Angkat.
TIPS
*Untuk menghasilkan rasa yang lebih legit lagi,bisa menambahkan 1 batang sereh dan 3 lembar daun jeruk purut,dengan cara merebus santan sebentar dan menambahkan ke dua bahan tersebut,rebus sampai aroma sereh dan daun jeruk naik.Kemudian dinginkan hangat hangat kuku.
*Minyak goreng dapat diganti dengan margarin ataupun butter
*Sering saat kita membuat PUKIS tekadang menghasilkan PUKIS yang permukaannya berongga,berlubang dan tidak mulus,untuk menyingkapi dan meminimalisir hal tersebut ada hal hal yang harus diperhatikan:
1. Selalu mengaduk adonan pukis sebelum dituangkan kecetakan hal ini dumaksudkan agar gelembung udara yang berlebihan hilang.
2. Tidak hanya sekedar mengaduk dengan cara memutar dan dikeplok keplok, tapi juga lakukan hal seperti menuangkan adonan dr posisi yang agak tinggi (bayangkan seperti menuangkan kuah kental dari ketinggian 15cm,lakukan hal tersebut beberapa kali sebelum menuang adonan kecetakan).

SELAMAT MENCOBA
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s