Soft Bread NCC by Selma Alan

soft-breadnccSalam Host NCC anti gagal

Hari ini kita bikin rerotian yuk. Bikin roti dengan metode soft bread supaya didapat tekstur roti yang halus dan lembut rotinya. Pakai resepnya bu fatmah. Alhamdulillah rotinya cantik-cantik. Sebagian saya kemas bungkus plastik dan packing untuk bekal anak-anak. Isinya ada isi coklat seres dan ada lagi isi kelapa. Memberdayakan apa yang di rumah aja. Adanya coklat seres dan kelapa parut sisa, hehee. Lumayan semua suka. Tekstur rotinya pas lembut seperti namanya.
Cerita tentang membuat roti ini lumayan panjang sejarahnya. Roti yang pertama kali saya buat adalah donat. Lanjut bikin roti manis dan asin. Dulu paling susah masalah mengulen sampai kalis elastis. Akhirnya saya siasati setelah mengulen dengan tangan, saya mixer lagi dengan mixer berkaki spiral. Barulah didapat adonan yang cantik kalis elastis. Semoga suatu saat bisa membeli mixer roti sendiri, aamiin.
Dulu juga suka bermasalah di waktu proofingnya. Karena tinggal di madinah, suka belum pas dan nggak tentu. Kalau musim dingin, proofingnya bisa lama sampei sekitar dua jam an. Alhamdulillah setelah di indonesia, suhu sudah stabil. Sudah bisa faham berapa lama pasnya. Sebenarnya patokannya jika sudah mengembang dua kali lipat. Dulu ilmunya itu malah saya nggak tahu, jadi roti suka bau ragi. Hehe.
Membuat roti isi itu mudah saja teman-teman, dibandingkan roti aneka bentuk. Kadang saya suka eksperimen juga sih dengan roti beraneka bentuk dan rupa. Membuat roti isi bisa dengan membelah roti sama seperti burger lalu oles dengan bahan isian, tangkupkan lagi. Atau waktu adonan belu jadi. Bulatkan kecil lalu pipihkan, isi dengan bahan isian, lalu bulatkan lagi. Panggang deh.
Sip deh, yuk coba bikin roti sendiri di rumah.
SOFT BREAD NCC
By: Fatmah Bahalwan
Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr gula pasir
100 gr mentega
1/2sdt bread improver
4 kuning telur
200 ml air es
11 gr ragi instant
1/2 sdt garam
Cara membuat:
1. Campur semua bahan kering kecuali garam. Aduk rata. Masukan mentega dan garam. Tuang air es sedikit2. Uleni sampai kalis elastis
2. Taruh adonan di panci, tutup dengan cling wrap. Diamkan 30-45 menit sampai mengembang 2x ukuran semula
3. Kempiskan adonan. Timbang2 lalu isi sesuai selera. Olesi dengan susu evaporate.
4. Panggang 170 derajat selama 12 menit. Di rak bagian tengah
Selamat mencoba
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s