Soes Isi Vla NCC by Ineke Damayanti

soes-isi-vla

Bismillah.

Assalamualaikum, dear ibu ibu host resep anti gagal NCC. Saya setor kembali salah satu resep NCC yang anti gagal,yaitu Soes Isi vla. Biasanya bentuk soes seperti keong bulat, namun saya bentuk seperti mangkuk. Sebenarnya saya bentuk seperti mangkuk sebagai salah satu variant bakulan kue saya,biar pada penasaran aja..he..he.. padahal mah soes yang isi nya vla. Belakangan ini sudah banyak bakulan baru yang muncul, belum jajanan pasar yang harga nya miring, masuk kantong kelas bawah. Terkadang kue kue saya di bilang mahal. Padahal sesuai dengan rasa dan penampilan nya. Maka nya saya berusaha berinovasi supaya yang pesan kue ke saya gak bosan itu itu aja.
Saya pakai resep soes NCC sudah lama banget. Saya catat dari millis NCC eh ternyata ada di posting di web NCC juga. Sampai ibu Fatmah memberi tips khusus untuk soes ini, seingat saya ketika di print sampai 1 halaman kertas HVS, soal nya lengkap banget penjelasan dari Ibu Fatmah bagaimana sukses membuat soes. Dulu awal awal buat soes gak pernah berhasil, soes jadi kempis, gosong bagian bawah nya, atau gak berongga. Padahal rasanya sudah enak banget. Alhamdulillah setelah menyimak lalu lintas email dari millis,mulai trial and error di dapur saya. Alhamdulillah bisa jadi bakulan kue saya.
Ini Resep nya, Soes Isi Vla
Sumber Ibu Fatmah Bahalwan
Bahan bahan
225 ml air
100 gr margarine
1 sdm gula pasir
125 gr tepung terigu protein tinggi
4 butir telur
Cara membuat
Panaskan air di wajan atau panci sampai mendidih,masukkan margarine. Biarkan sampai air dan margarine benar benar mendidih.
Masukkan tepung terigu,aduk cepat. Aduk sampai tepung tidak bergumpal.
Angkat dan dinginkan.
Masukkan telur satu per satu. Aduk sampai rata.
Mulai panaskan oven,saya pakai otang suhu 180℃.
Ambil cetakan muffin, mulai isi cetakan. Supaya rapih adonan soes saya masukkan ke plastik segitiga. Ikuti bentuk cetakan muffin bagian dalam nya.
Panggang selama 25 menit atau sampai tidak ada buih buih yang keluar. Kalau sudah ajeg bisa di kecilkan api nya. Oven jangan di buka buka ya nanti soes nya kempis.
Angkat dan dinginkan.
Buat Vla, bahan bahan
700 CC susu cair
150 gr gula pasir
50 gr tepung maizena
1/4 sdt garam
2 butir kuning telur
1 sdm mentega
Cara membuat vla
Dalam panci aduk semua bahan. Sudah tercampur rata, masak di atas kompor sampai meletup letup. Dinginkan.
Penyelesaian
Ambil satu mangkuk soes, taruh 1 sdm vla. Bisa di hias dengan potongan buah. Lakukan sampai habis. Saya pakai potongan jeruk dan buah naga.
Siap di sajikan.
Hhhmm….nikmat nya. Buat anak anak kalau soes bentuk mangkuk ini pasti jadi incaran.
Terima kasih ibu ibu host,selamat bertugas.
Wassalam.
Leave a Reply

