Serabi beras NCC by Selma Alan

serabi-berasncc

Dear Host NCC anti gagal, semoga selalu sehat ya…
Cemilan sore hari ini dengan serabi, asyiiik. Semua suka serabi. Serabi bandung ataupun serabi solo. Tanpa toping apalagi pakai toping, suka deh. Kuah santan gula merahnya wangi, manis dan nikmat. Ciri khas serabi yang membedakannya dengan kue lumpur adalah dalamnya berongga. Jadi pas dimakan itu ada sensasi “nyes-nyes” nya.. enak deh. Saya lebih suka serabi beras dibandingkan serabi solo. Tergantung mood juga sih. Kadang pengen juga makan serabi beras. Alhamdulillah semua sekarang udah bisa buat sendiri. Karena untuk beli serabi pun udah mulai langka. Kalau bulan puasa barulah ramai yang jual serabi. Serabi bandung di jalan ronggowarsito itu enak banged. Topingnya pun lengkap, hmm, ngayal aja dulu. Sebenarnya inipun pengen saya kasi toping. Apalah daya, nangka dicari-cari nggak ketemu. Padahal sedang pengen toping nangka. Hehe. Oke deh, ini resepnya ya. Saya lihat dari resepnya bu Fatmah. Mudah, ringkas dan anti gagal. Selamat mencoba ya.
Serabi beras
Penulis : Fatmah Bahalwan
Bahan:
200 gr tepung beras putih
1 sdt ragi instan
3 sdt gula pasir
560ml santan encer
2 btr telur
1/2 sdt garam halus
2 sdm air pandan suji / 3 tetes pasta pandan
Cara membuatnya:
Campur tepung beras, ragi instan dan gula pasir, aduk rata. masukkan telur dan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. saring bila perlu.
Beri garam dan air suji, aduk rata. Diamkan selama 2 jam (tinggal kerja didapur deh .
Panaskan cetakan serabi. Tuang adonan sampai 3/4 penuh, biarkan terlihat matang berlubang-lubang, tutup. matangkan sempurna. angkat.
Buat kinca dari gula jawa, santan encer dan daun pandan, masak sampai mendidih dan gula larut. saring.
Sajikan serabi dg siraman kuahnya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s