Red Velvet Cake NCC by yayu s wulandari

velvet.jpg

Bismillah

Assalaamu’alaikum ibu-ibu Host “B” Bee-autiful.

Alhamdulillah dapat berjodoh di Event Resep Anti Gagal NCC kali ini. Sudah lama sekali saya ingin membuat Red Velvet Cake setelah sempat merasakannya 3 tahun yang lalu dalam sebuah acara keluarga. Pada sebuah kota besar sepertinya mudah mendapatkan cake ini, untuk di kota saya sekarang masih sangat jarang ada.

Mendapati informasi Event Resep Anti Gagal di grup FB, langsung searching website NCC dan menemukan resepnya di index resep.

Resep Red Velvet Cake ini membuat saya maju mundur cantik bu, kenapa? Saya tidak yakin bisa membuatnya karena pada resep tertera untuk ukuran 3 loyang bundar berdiameter 24 cm, saya tidak punya. Tidak tertera waktu dan suhu pemanggangan cake. Buah bit terkadang ada terkadang tidak ada, dan itu pun hanya terdapat di toko tertentu.

Sambil berjalan, searching ilmu di google dan mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat cake.

Resep Red Velvet Cake andalan dari bu Fatmah ini, saya buat hanya setengah dari resep aslinya. Menggunakan loyang bundar berdiameter 24 cm tinggi 7 cm yang saya olesi dengan mentega. Terakhir setelah matang saya potong menjadi dua cakenya menggunakan benang, jadi ada dua layer cake.

Bagi saya ini salah satu yang sangat luar biasa karena sedikit pun saya tidak memiliki latar belakang dunia baking. Cakenya moist dan tidak bantat. Resep Anti Gagal NCC memang TOP, terbukti.

 

RED VELVET CAKE
Sumber : Fatmah Bahalwan

BAHAN A :

  • 213 gr terigu protein sedang (saya bulatkan)
  • 10 gr coklat bubuk
  • 1/2 sdt garam

BAHAN B :

  • 225 ml minyak goring (saya menggunakan minyak zaitun)
  • 250 gr gula halus
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt vanilli bubuk
  • Pewarna merah secukupnya (saya skip)

BAHAN C :

  • 50 ml jus beetroot (saya pakai 50 ml air + 1/2 sdm perisa red velvet)

BAHAN D :

  • 150 ml susu UHT
  • 1 sdm air lemon (saya menggunakan cuka apel)

BAHAN E :

  • 1 sdt soda kue
  • 1 sdt air lemon (saya menggunakan cuka apel)

CARA MEMBUAT :

  1. Aduk bahan D, diamkan agar mengental menjadi buttermilk, sisihkan.
  2. Campur semua bahan A lalu ayak.
  3. Kocok gula halus dan minyak sampai rata.
  4. Masukkan telur satu per satu, kocok sampai rata.
  5. Masukkan jus bit, pewarna, vanilli, aduk rata.
  6. Masukkan bahan A, aduk rata.
  7. Tambahkan buttermilk aduk rata.
  8. Masukkan bahan E aduk rata.

Catatan: Untuk bahan E dicampur terakhir, sesaat sebelum dimasukkan karena soda kue hanya bereaksi sebentar. Campuran akan mengeluarkan suara mendesis.

  1. Tuang adonan ke dalam loyang bundar yang sudah disiapkan (mencoba praktek dengan loyang yang tak biasa dipakai)
  2. Panggang selama 50 menit dengan suhu 180 derajat celcius, lakukan tes tusuk (untuk ukuran oven saya)

CHEESE FROSTING

BAHAN :

  • 125 gr cream cheese
  • 50 gr gula halus
  • 25 gr butter (saya pakai unsalted butter)
  • 250 gr whipping cream kocok kaku

CARA MEMBUAT :

  1. Biarkan cream cheese ada dalam suhu ruang
  2. Campur cream cheese dengan gula halus dan butter
  3. Kocok hingga lembut
  4. Masukkan whipping cream yang sudah dikocok kaku
  5. Kocok dengan speed rendah hingga tercampur rata

PENYELESAIAN: :

  1. Letakkan satu lembar cake
  2. Basahi dengan jus bit (saya skip)
  3. Oles dengan cheese frosting hingga rata
  4. Susun kembali lapisan cake selanjutnya
  5. Terakhir poles seluruh permukaan cake dengan cheese frosting. Hias sesuai selera

 

-Selamat Mencoba-

Leave a Reply

