Donat Almon NCC by dwitasari puspita

picsart_11-22-09-57-56

Kiriman ke 5
Ketika kita kehabisan ide untuk membuat masakan, kadang inspirasi tersebut muncul dari bahan baku yang sebetulnya hanya sebagai bahan pendamping/tambahan saja. Seperti halnya untuk resep yang satu ini. Ketika tak tahu lagi harus membuat apa dengan stok coklat greentea yang saya beli karena lapar mata, maka mulailah saya membuka “primbon” saya untuk mencari inspirasi. Pandangan saya tertuju pada suatu resep di halaman 402 buku “241 Resep Makanan Favorit Anti Gagal” yang disusun oleh ibu Fatmah Bahalwan dan Tim NCC, di situ tertulis resep Donat Almond yang menggunakan topping coklat leleh dan almond sebagai hiasannya. Melihat bahannya yang mudah dan kebetulan tersedia di rumah maka saya eksekusilah resep tersebut, lalu iseng-iseng saya tawarkan ke grup tetangga komplek. Alhamdulillah mendapatkan respon positif, berikut resepnya.

DONAT ALMOND
BAHAN A:
-500gr tepung terigu protein tinggi, misal cakra
-100gr gula pasir
-11 gr ragi instan
-4 kuning telur
-200ml air

BAHAN B:
-100gr mentega/margarin
-1sdt garam

BAHAN C:
-200 gr white cooking coklat, lelehkan ( saya menggunakan coklat rasa greentea yang saya lelehkan)
-100gr almond panggang

CARA MEMBUAT:
1. Aduk bahan A, ulenin hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan B, ulenin terus hingga kalis elastis.
2. Bulatkan adonan, istirahatkan 10 menit, langsung potong dan timbang 40gram.
3. Bulatkan mulus, tata dalam loyang yang sudah dipoles mentega dan ditaburi tepung, istirahatkan 20 menit.
4. Lubangi tangahnya lalu goreng dengan minyak panas sedang hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan, dan dinginkan.
5. Celup satu sisi permukaan donat dalam cokelat leleh, taburi almond. Dinginkan agar coklat mengeras
6. Hidangkan.
Selamat mencoba teman-teman NCCers

Leave a Reply

