Mocca Nougat Cake NCC by Ineke Damayanti

mnc cake.jpg

Bismillah.

Assalamualaikum, dear ibu ibu host, masih tetap sehat ya…..Saya setor kembali resep anti gagal NCC ya. Sebenarnya saya sudah beberapa kali gagal buat ganache Mocca Nougat Cake ini. Entah mengapa, saya belum bisa mengaduk whippy cream dengan DCC yang di lelehkan.  Mungkin salah satu faktor terbesar kegagalan adalah saya tinggal di daerah dingin. Jadi kalau tim coklat buru buru di pakai kalau gak sudah beku lagi coklat nya. Waktu DCC di lelehkan kalau langsung di campur whippy cream, malah jadi cair whippy cream nya. Kalau di tunggu agak hangat malah coklat nya beruntulan gak mau nyampur dengan whippy cream. Dan akhir nya saya ganti DCC dengan mocca pasta saja…he..he..makanya ganache nya warna gak pekat.
Mocca Nougat Cake ini saya buat untuk pesanan tetangga dekat. Hari ini rencana nya mau berkunjung ke rumah calon besan untuk sepupu nya. Berhubung belum acara weddingnya ya saya buat kan saja Mocca Nougat Cake ini. Mau di permanis dekor nya di kasih mawar atau korean flower,tapi saya belum mahir spuit pakai whippy cream. Kalau butter cream walau lembut enak di spuit “nurut” di tekan. Kalau whippy cream ” gak mau nurut”  Seperti nya saya harus banyak trial and error untuk dekor dengan whippy cream ini. Ah apa pun bentuk spuit dekor nya, Alhamdulillah yang pesan suka dengan dekor nya. Entah lah dengan rasa nya, belum di cicip,belum di potong cake nya.
Ini resep nya Mocca Nougat Cake
Sumber Ibu Fatmah Bahalwan
Bahan A
5 butir telur utuh
5 butir kuning telur
150 gr gula pasir
15 gr cake emulsifier, 1 sdt meres kalau saya.
1 sdt vanili
1 sdm mocca pasta
Bahan B
120 gr tepung terigu
10 gr maizena
10 gr susu bubuk
Bahan C
150 gr margarine,lelehkan
1 sdm susu kental manis
Cara membuat
Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier sampai kental berjejak.
Masukkan tepung terigu dan tepung maizena sambil di ayak. Aduk sampai rata.
Masukkan susu bubuk, vanili dan pasta moga.Aduk sampai rata.
Masukkan bahan C. Aduk balik, khawatir margarine nya mengendap di bawah wadah.
Panaskan oven.
Oles dengan margarine dan lapis dengan kertas roti pada loyang bulat diameter 22 cm, saya gak punya yang ukuran  24 cm.
Tuang Adonan di loyang bulat, bagi 3.
Panggang dengan suhu 160 ˚C selama 30 menit. Ini oven saya.
Angkat dan biarkan uap panas nya menghilsng.
Buat ganache dulu sambil menunggu dingin cake nya.
Bahan bahan
200 gr whippy cream
400 ml air dingin
400 gr DCC, saya gak pakai ganti dengan mocca pasta
400 gr selai kacang kasar,saya hanya pakai 1/2 nya saja
Cara membuat
Kocok whippy cream dengan air dingin sampai kaku. Beri pasta mocca beberapa tetes dan selai kacang. Aduk sampai rata.
Penyelesaian
Ambil 1 cake,oles dengan simple syrup. Oles lagi dengan ganache lalu tumpuk dengan kue kedua. Oles kembali dengan simple syrup, oles lagi dengan ganache. Sampai cake yang ketiga.
Oles seluruh kue dengan ganache sampai tertutup semua permukaan kue. Beri hiasan dengan kacang tanah di sangrai sebentar lalu di hancur kan asal saja. Kalau pakai almond slice terlalu mahal…he..he.. tutup bawah kue dengan ganache supaya keliahatan rapih cake nya.
Terima kasih ibu ibu host,selamat bertugas.
Wassalam.
Area lampiran
Leave a Reply

