Cireng Pak Wisnu by Selma Alan

cirengncc

Dear ibu host NCC yang cantik-canti 🙂
Apa kabarnya di hari libur ini? Sehat selalu ya. Mau setor kreasi saya pagi ini.
Cireng atau aci digoreng. Barulah bisa puas bikin cireng sendiri setelah menemukan resep ncc ini. Bener-bener deh. Biasanya bikin cireng ada aja rasa kurang pas. Yang alotlah, yang gepeng kenyal bangedlah. Masih kurang pas rasanya dan mantap. Akhirnya tadi pagi-pagi sekali buat cireng. Pakai resepnya pak wisnu yang udah lama booming di facebook. Cuma baru buat sekarang, hehee. Dan cirengnya beda. Luarnya putih mirip cireng salju. Gurih diluar dan dalamnya lembut kenyal. Nggak alot sama sekali. Duh masyaAllah senang banged. Dulu cireng bukan cemilan favorit. Sekarang jadi suka. Baru tau begini toh ya rasanya cireng, hehe.
Resep Cireng
Sumber: Wisnu Ali Martono
Bahan nya
50 gr tepung aci
150 ml air
Semua bahan di aduk jadi satu sampai aci tidak menggumpal. Masak diatas api kompor sampai adonan lengket seperti lem dan berubah bening. Biarkan hangat.
Bahan Cireng
150 gr tepung aci/tapioka
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk,saya gak punya
1/2 sdt penyedap rasa, saya gak punya
1 batang daun bawang iris halus
Tepung aci sedikit untuk taburan dan melapisi tangan biar gak lengket
Minyak untuk menggoreng secukupnya
Semua bahan di aduk menjadi satu lalu masukkan bahan biang. Aduk rata sambil di uleni. Sudah tercampur rata,ambil adonan kira kira 30 gr buat bulatan lalu pipihkan. Tabur dengan tepung aci biar gak nempel satu sama lain. Lakukan sampai adonan cireng habis.
Panaskan minyak banyak,lalu goreng sambil di bolak balik supaya permukaan cireng beruntusan..he..he..he..Saya suka cireng yang penampakan luar nya beruntusan.
Angkat lalu tiriskan minyak nya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s