Bolu Tape NCC by Ineke Damayanti

boltap.jpg

Bismillah.

Assalamualaikum. Dear ibu ibu host resep anti gagal  NCC. Kembali saya setor resep anti gagal NCC yaitu Bolu Tape NCC. Resep ini saya dapat dari millis dan sudah lama saya arsipkan menjadi handbook untuk di dapur saya. Ternyata bisa jadi andalan bakulan kue saya. Menurut saya bolu tape adalah bolu yang paling istimewa di antara bolu bolu lain nya. Kenapa bisa paling istimewa? Karena stok tape singkong itu terbatas di pasar. Kalau lagi banyak melimpah di pasar. Biasanya musim kemarau yang banyak stok nya, dan rasa tape nya manis sekali. Tapi kalau musim hujan tiba, tape singkong jadi langka di pasar. Tukang tape singkong biasa nya mengurangi produksi di musim hujan. Karena rasa tape yang di hasilkan jadi masam.

Sebenar nya ini pertama kali nya saya menyalakan oven gas setelah 2 tahun cuti gantung loyang. Punya batita yang aktif jadi lebih safe nya gak membuat kue yang di panggang. Pertama kali nya juga saya membuat bolu tape setelah order terakhir. Yang order komplain katanya kue nya hancur ketika di potong. Waktu itu saya memanggang masih pakai otang,jadi permukaan atas cake atau bolu tidak bisa kering, basah. Karena basah ketika di potong lengket pisau nya,makanya hancur bolu nya. Ah entah lah bisa juga pisau yang di pakai tumpul. Saya tanya tanya ke karyawan bakery dan menyimak email millis NCC. Kalau mau permukaan bolu atau cake cantik ya panggang nya harus pakai api atas sesaat sebelum di angkat. Walaupun saya sudah memakai tips dari member, taruh di rak otang paling atas dan buka cerobong otang sedikit tapi tetap saja permukaan bolu atau cake basah. Ah seperti nya otang belum mau partner sama saya. Otang nya hanya mau berpartner pada kue kering,brownies,soes dan pastry. Sambil niat dan ikhtiar,saya harus punya oven gas. Supaya tidak mengecewakan pelanggan. Alhamdulillah akhir nya bisa punya dan bisa berkreasi buat bolu gulung dan lapis legit.

Saya pakai resep Ibu Fatmah, pas banget ada yang pesan untuk acara keluarga. Buat 2 loyang, 1 loyang untuk pesanan 1 loyang lagi untuk ngirim ibu mertua.
Ini resep yang saya pakai.
Sumber Ibu Fatmah Bahalwan
Bahan Bahan
300 gr tape singkong, buang serat kayu nya. Haluskan dengan garpu
5 butir telur utuh
3 butir kuning telur
200 gr gula pasir
1 sdm cake emulsifier
200 gr tepung terigu
200 ml santan kental,saya dapat dari 1/2 butir kelapa.
1 sdt garam
Cara membuat
Kocok gula, telur dan emulsifier sampai kental berjejak.
Masukkan tepung terigu sambil di ayak. Aduk rata, jangan sampai ada yang tidak teraduk.
Masukkan Tape singkong bergantian dengan santan kental. Aduk sampai rata.
Masukkan santan kental, aduk sampai tercampur rata, aduk balik supaya santan tidak mengendap di bawah.
Masukkan garam dan aduk sampai rata.
Siapkan loyang tulban diameter 22 cm,oles margarine tipis dan tabur terigu.
Mulai panaskan oven.
Masukkan adonan ke dalam loyang lalu panggang dengan suhu 160 ˚C oven saya. Panggang selama 30 menit api bawah, 5 menit api atas.
Angkat dan keluarkan dari loyang. Siap di sajikan.
Ya Alloh,aroma tape singkong ketika di panggang…hhhhmmmm…menggugah selera. Alhamdulillah bolu tape yang cantik sudah di tangan pemesan dan puas akan rasa dan penampilannya.
Terima kasih ibu ibu host Bee_beautiful.
Wassalam.
Leave a Reply

