Black Forest NCC by Ineke Damayanti

Black forest.jpg

Bismillah.

Assalamualaikum. Dear ibu ibu host,  Saya setor kembali resep anti gagal NCC ya. Saya buat Black Forest. Buat Black Forest ini hanya untuk konsumsi sendiri. Di keluarga kecil saya tak terbiasa merayakan ultah usia atau ultah pernikahan. Bagi kami setiap hari istimewa dan special kami lewati bersama. Bulan november ini banyak history untuk keluarga kecil saya. Dari mulai kami menikah, saya merantau ikut suami ke Bandung, Pindah Rumah dan kelahiran anak pertama saya. Buat Black Forest setahun sekali khusus bulan november saja, berusaha menyenangkan anggota keluarga.
Resep Black Forest NCC ini sudah jadi arsip di handbook untuk dapur saya. Karena gak suka aroma cherry merah dan dark cherry kalengan jadi saya pakai strawberry segar dan air dark cherry nya saya ganti dengan simple sirup vanilla NCC. Karena buat konsumsi sendiri jadi saya pakai whippy cream untuk cover cake nya. Memang lebih enak pakai whippy cream di banding butter cream. Tapi kalau untuk bakulan kue, ongkos produksi nya tinggi.  Ternyata spuit whippy cream itu lebih sulit di banding butter cream. Apa tangan saya saja ya gak luwes memoles whippy cream. Harus hati hati banget pas ngeluarkan dari spuit dengan perasaan yang halus…halah iki opo toh yo. Beneran,kalau gak pakai perasaan halus, whippy cream gak bisa kokoh di spuit,malah bleber ke mana mana. Musti dekat dekat kulkas juga pas dekor, keluar masuk kulkas whippy cream kocok nya. Ya ampun sebegitu perjuangan nya dekor dengan whippy cream.
Ini resep yang saya pakai
Sumber Ibu Fatmah Bahalwan
Bahan bahan
8 butir telur utuh
60 gr coklat bubuk
40 gr tepung maizena
100 gr tepung terigu rendah/sedang
1 sdm emulsifier
100 gr mentega lelehkan
200 gr gula pasir
1/4 sdt vanilla
Hiasan
500 gr cream kocok
100 gr DCC
10 buah cherry merah saya ganti strawberry segar
1 kaleng dark cherry, saring,pisahkan air nya. Saya ganti dengan simple syrup.
Cara membuat
Kocok telur,emulsifier dan gula pasir sampai kental berjejak.
Masukkan tepung terigu dan tepung maizena bergantian  sambil di ayak. Aduk sampai rata.
Masukkan coklat bubuk sambil di ayak. Aduk sampai rata.
Masukkan vanila. Aduk rata.
Masukkan mentega leleh, aduk balik sampai tercampur rata.
Mulai panaskan oven.
Siapkan loyang bulat ukuran 22x22x4 cm. Karena gak punya yang ukuran segitu saya pakai ukuran 20 cm. Jadi nya tinggi black forest nya. Oles dengan margarine dan di alas kertas roti.
Panggang dengan suhu 160˚C oven saya selama 25 menit.
Angkat dan dinginkan.
Siapkan tata kan untuk kue nya, oles permukaan cake dengan simple syrup lalu whippy cream,tumpuk dengan cake lain nya. Tumpuk menjadi 3 lapis.
Cover dengan whippy cream sampai tertutup semua permukaan cake.
Hias dengan serutan DCC dan strawberry segar. Karena DCC nya sedikit, saya lelehkan dan buat pagar sekeliling cake.
Hhmmm…rasanya juara, nyoklat banget dan tidak eneg.
Terima kasih ibu Fatmah Bahalwan, resep ini menjadi sajian paling istimewa untuk keluarga kecil saya, Alhamdulillah.
Terima kasih ibu ibu host,selamat bertugas dan tetap sehat ya.
Wassalam.
Leave a Reply

