Nasi Tutug oncom NCC by Wita Hana Pertiwi

textgram_1479362989_1

Dear bapak/ ibu Admin,

Selamat siang.
Dengan ini saya ingin ikut serta meramaikan acara NCCW-RAG. kali ini saya membuat masakan yang sederhana dan praktis yaitu Nasi Tutug Oncom berdasarkan resep NCC.
Ide membuat Menu tsb sebenarnya muncul ketika saya melihat daun pisang yang sangat banyak di kebun samping rumah dan sekilas saya terpikir untuk ikut acara ini. Saya punya banyak pohon pisang tapi sayang daunnya bingung mau diapakan 😀
adapun resep Nasi Tutug oncom adalah sebagai berikut:

Bahan:

500 gr      nasi putih
250 gr      tumis oncom
10 bh       telur puyuh pindang
1 lbr         telur dadar
Daun pisang untuk membungkus.
Lidi, atau tusuk gigi lancip.

Bahan tumis oncom:

250 gr      oncom
5 bh         bawang merah
3 bh         bawang putih
2 bh         kencur
5 bh         cabe rawit hijau
2 ikat       kemangi, ambil daunnya.
½ sdt       garam
½ sdt       chicken powder
½ sdt       gula pasir

Cara membuatnya

Haluskan, bawang merah, kencur, cabe rawit, sisihkan
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan oncom, aduk rata, beri sedikit air, masukkan garam, chicken powder dan gula pasir, dan daun kemangi, masak terus hingga matang dan air habis. Masukkan nasi putih, aduk hingga tercampur rata. Angkat.

Penyajian:

Siapkan daun pisang 1 lembar, taruh nasi diatasnya lalu lipat terpelang. taburi telur dadar rawis/ telur puyuh dan hiasan diatasnya. sajikan juga sambal jika mau tambah seuhah/ pedas. Sajikan hangat2.

Tips:

Untuk daun pisang bisa diseduh air panas sebentar untuk memudahkan daun pisang ditekuk.

Demikian yang dapat saya kontribusikan, semoga tidak mengecewakan. Jika berkenan saya bisa dapat badge di foto masakan yang saya kirim.

Terima kasih bapak/ Ibu admin.

Salam,

Wita Hana Pertiwi.

Leave a Reply

