Sambal Goreng Tempe NCC by Ineke Damayanti

sambal-goreng-tempe

Bismillah.

Assalamualaikum. Dear ibu ibu admin,host NCC Week Resep Anti gagal. Saya setor kembali ya resep anti gagal NCC. Kali ini saya buat Sambal Goreng Tempe. Seingat saya pernah makan menu ini ketika kami menuju timur pulau jawa. Mengunjungi anak yang mondok di timur pulau jawa. Terkadang kami lewat pantura atau lewat selatan. Kalau lewat Pantura dan kelelahan kami menyempatkan diri untuk mampir ke salah satu kenalan pak Suami. Tinggal nya sekitar Tegal berbatasan dengan Brebes,sekalian saya belanja bawang merah brebes dan telur asin untuk oleh oleh di bawa ke Bandung. Waktu berkunjung kami di beri suguhan nasi beserta telur asin dan sayur tempe yang dominan rasa batang sereh nya. Ternyata ini toh namanya  Nasi Ponggol dengan lauk salah satu nya Sambal Goreng Tempe.
Suka mampir ke web NCC cari inspirasi menu jadi bisa variatif. Saya tertegun pada resep Sambal Goreng Tempe ini, baca sinopsis nya betul untuk lauk nasi ponggol. Coba buat yup benar ini yang pernah saya makan ketika berkunjung ke Tegal. Ternyata anak dan batita saya suka. Sengaja tidak saya beri cabai banyak. Pakai cabai tanjung yang merah besar tapi tidak pedas rasa nya. Harusnya warna nya merah merona. Makanya penampakan sambal goreng tempe pucat warna nya.
Sambal Goreng Tempe oleh Ibu Fatmah Bahalwan.
Bahan bahan
250 gr tempe,potong dadu
3 buah cabai hijau potong serong,saya gak pakai
3 batang sereh potong panjang memarkan
2 lbr daun salam
1 ruas kecil jahe,memarkan
500 ml santan sedang
100 ml Minyak untuk menumis
1 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1 sdm kaldu bubuk,saya gak punya
Bumbu yang di haluskan
5 buah cabai merah besar,saya hanya di iris serong saja.
4 buah cabai keriting,saya gak pakai
5 buah bawang merah
4 buah bawang putih
Cara membuat
Goreng Tempe yang di potong dadu setengah matang. Sisihkan. Saya goreng dulu supaya tidak hancur.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan jahe,lengkuas, sereh dan daun salam.
Masukkan tempe,aduk rata.
Masukkan santan aduk sampai santan mendidih. Aduk terus supaya santan tidak pecah.
Masukkan kecap manis dan garam,cicip ya karena beda selera ada yang suka asin atau tidak.
Masukkan irisan cabai merah,aduk sampai rata.
Angkat dan siap di sajikan bersama nasi hangat.
Pakai telur asin apalagi tambah nikmat. Anak dan Batita saya suka sekali kalau saya masak menu ini. Bahan nya simple menambah variant menu dari dapur saya.
Terima kasih ibu ibu admin, selamat bertugas dan tetap sehat ya….
Wassalam.
Leave a Reply

