Sus Isi Vla NCC by Selma Alan

sus-isi-vlancc

Dear Host Anti Gagal,
Sus termasuk salah satu kue terfavoritku. Karena dulu di madinah nggak ada sus, jadi belajar buat sendiri. Panjang proses belajarnya. Sempat juga ikut cooking class sama teman-teman untuk belajar sus. Sekarang saya memberanikan membuat sus pakai ovennya umi. Biasanya pakai oven sendiri yang di madinah, udah kenal jadi tau timing matangnya yang tepat. Sekarang pakai oven umi, jadi harus kenalan dulu. Sus termasuk snack yang tricky dan manja. Salah sedikit saja susnya bisa kempes. Untuk membuat sus yang montok mengembang, perlu tahu takaran bahan yang tepat, timing mengovennya dan kunci terakhir yaitu tidak boleh membuka oven ketika sus baru matang. Oven boleh dibuka dan sus dikeluarkan jika sudah tidak ada gelembung lagi pada permukaan sus. Kalau saya cari aman saya biarkan saja dingin di oven. Kloter pertama permukaan susnya masih coklat eksotis, yang selnjutnya udah cantik warnanya alhamdulillah. Yang difoto ini yang kloter pertama, karena yang kedua waktu itu masih dalam proses memanggang, hehe. Semuanya ngantri menunggu susnya, enak semua suka. Resepnya pakai resep sus isi vla bu Fatmah Bahalwan.
Resep Sus Isi Vla
by Fatmah Bahalwan
Bahan Kulit:
225 ml        air
100 gr        margarin
1 sdm         gula pasir
125 gr        tepung terigu protein tinggi
4 btr           telur
Cara membuat:
Rebus air, margarin dan gula hingga mendidih.
Masukkan tepung terigu lalu aduk hingga kalis, angkat, dinginkan.
Setelah dingin, masukkan telur satu persatu sambil dikocok dengan mixer hingga kental dan rata. Semprotkan adonan ke atas loyang kue kering yang telah dioles margarin, panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu tinggi (200 derajat Celsius) hingga mengembang, kokoh dan tidak ada lagi buih-buih margarin lagi di permukaannya.
Bahan Vla:
700 cc        susu cair
150 gr        gula pasir
50 gr          tepung maizena
¼ sdt          garam
2 btr           kuning telur
1 sdm         mentega
Rum secukupnya bila suka
Cara membuat:
Cairkan maizena dengan sebagian susu, sisihkan. Kocok lepas kuning telur, cairkan dengan sedikit susu, satukan dengan cairan maizena, sisihkan.
Rebus susu dan gula hingga mendidih, tuang campuran maizena, didihkan sekali lagi hingga meletup-letup. Angkat. Panas-panas, masukkan 1 sdm mentega, aduk rata. Tutup permukaan vla dengan plastik agar vla tidak “berkulit”, biarkan hingga dingin.
Penyelesaian:
Sobek atau gunting sedikit setiap kulit sus.
Masukkan vla kedalam plastik segitiga, isikan pada kulit.
Taburi dengan gula halus, sajikan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s