Roti Tawar NCC by Didot

roti-tawar

Selamat siang lima host kece NCC anti gagal.
Kali ini saya setor resep nekat saya. Kok nekat? Gimana tidak nekat, kalau ternyata saya belum pernah eksekusi yang namanya per-roti-an.
Gara-gara ada laporan dari anak bahwa stok roti tawar sudah habis, langsung saya teringat adanya resep roti tawar dari NCC. Lari ke TBK sebentar untuk membeli mentega putih yang memang saya tidak punya stok.
Tahap berikutnya adalah merayu suami untuk menguleni adonan. Nyerah deh saya kalau harus uleni adonan pakai tangan. Beruntunglah suami bersedia maka mari kita lanjut mengeksekusi resep roti tawar ini.
Oya, saya hanya membuat seperempat resep saja jadinya kita memperoleh satu loyang roti tawar ukuran kecil ya. Lama waktu pemanggangan yang saya gunakan adalah 45 menit dengan api sedang.
Berikut ini resep asli roti tawar NCC:
 
Bahan :
       1 kg      tepung terigu protein tinggi
       11 gr     ragi instan
       20 gr     susu bubuk full cream
       100 gr    gula pasir
       2 btr      telur
       60 gr     mentega putih
       15 gr     garam
       475 ml   air es
Cara membuatnya:
1.    Campur dalam wadah: tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan susu bubuk, aduk rata. Beri telur, tuangi air      es secara bertahap sambil diuleni hingga tercampur rata dan bergumpal-gumpal.
2.    Masukkan mentega putih dan garam, lanjutkan menguleni hingga adonan kalis elastis. Bulatkan dan                  istirahatkan 30 menit.
3.    Kempiskan adonan dengan cara ditinju, lalu bagi adonan masing-masing 550gr. Bulatkan, lalu gilas, gulung      padat memanjang. Taruh dalam loyang loaf yang sudah dioles minyak atau mentega putih. Diamkan selama      60 menit, hingga mengembang. Olesi bagian atasnya dengan campuran telur dan susu (1 btr telur, 2 sdm          susu segar, ½ sdt garam, kocok lepas)
4.    Panggang dalam oven selama 20 menit, atau hingga matang dan permukaannya kuning kecoklatan.                  Keluarkan dari oven, olesi segera bagian atasnya dengan mentega.
Leave a Reply

