Roti Kasur NCC by Pipit Cening

burger-mini

Awal mengenal resep – resep Ibu Fatmah Bahalwan adalah roti, dan resep roti kasur inilah yang paling saya suka karena teksturnya yang benar – benar lembut bahkan tanpa isian apapun.

Resep anti gagal Roti Kasur Bu Fatmah ini saya jadikan patokan saya untuk semua jenis roti yang saya jual, sehingga tidak hanya saya kembangkan menjadi Roti Kasur tapi juga menjadi Roti isi dengan varian berbagai rasa dan ahirnya saya modifikasi menjadi burger mini. Awalnya buat sedikit untuk coba – coba pasang di profil picture bb dan tawarkan ke tetangga banyak yang suka dengan saya jual dengan harga modal.

Berawal dari resep ini juga saya punya keberanian menerima pesanan dari kawan – kawan dan nitip roti di warung – warung di sekitar tempat tinggal saya.

Terimakasih banyak untuk resepnya Ibu Fatmah, semoga Ibu dan team hebat NCC terus menginspirasi kami para pemula dalam dunia kuliner.

Berikut saya sertakan resepnya untuk dicoba:

Roti Kasur

Bahan:

500 gr tepung terigu protein tinggi
3 btr Kuning telur
100 gr gula pasir
30 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
5 gr garam
250 ml air
100gr mentega/margarin (saya gunakan margarin)
½ sdt bread improver

wijen secukupnya

Bahan isi:

tomat iris, daging burger mini dipotong menjadi 2 (dua) bagian tumis sebentar dengan margarin dan bawang bombay, mayones, potongan ketimun, daun selada, saus tomat / cabai kalau ingin yang versi pedas

Bahan polesan, kocok rata dengan garpu:
1btr telur utuh, ½ sdt garam, 1 sdm air.

Cara membuat:

  • Dalam wadah, campur tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi instant, aduk rata. Tuangi air dan kuning telur, uleni hingga setengah kalis, tambahkan margarin dan garam, uleni terus hingga kalis dan licin benar.
  • Timbang adonan masing-masing 25 gr, bulatkan dan taruh dalam loyang bulat/kotak, biarkan mengembang 30 menit atau lebih, sampai 2x lipat.

Olesi permukaannya dengan bahan polesan, taburi wijen, oven hingga matang. Lk. 10 menit dengan suhu 180’C

Note:
– 1 adonan bisa menjadi sekitar 40 buah burger mini

– untuk burger hitam, saya gunakan bubuk charcoal sekitar 1-2sdm silahkan disesuaikan dengan selera Bapak / Ibu disini untuk warna yang dihasilkan. semakin banyak bubuk Charcoal akan makin hitam tentunya.

Selamat mencoba ya, paling asik makan roti sambil ngopi / ngeteh pastinya di musim hujan ini.

Salam Anti Gagal ^^ dari kami @dapurcleo

Regards,

Pipit Raya Cening

Leave a Reply

