Nastar NCC Rebake by: Tika

13501874_10154323726399596_4268073999973618522_n

Bismillah
Sejak bergabung dengan NCC via grup Facebook, bisa dibilang hidup saya berubah 180 derajat. Tahun-tahun sebelumnya saya ke dapur (baca: memasak) hanya sebagai kewajiban seorang istri dan ibu. Sekarang, memasak menjadi jalan saya mendapatkan rezeki. Saya berjualan kuliner yang resepnya saya dapatkan dari NCC.
Mengenai nastar, Suatu hari menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini, tiba-tiba saya kepengen bikin nastar sendiri. Biasanya saya selalu beli bertoples-toples karena nastar adalah kue kering favorit saya & anak-anak. Sayapun Googling dan sempat mencoba beberapa resep nastar. Belum 100% merasa sreg, ada saja yang kurang pas. Sampai akhirnya saya menemukan resep bu fatmah, konon katanya anti gagal. Saya pun penasaran mencobanya. Saya ikuti tuntunan resep, langkah demi langkah. Alhamdulillah, berhasil! Rasanya sesuai yang saya harapkan, enak banget. Ga bikin seret di leher. Tapi tidak juga mudah hancur. Nastarnya saya bikin bentuk mini burger. Anak-anak sangat suka dengan bentuknya.
Berikut resep nastar andalan saya:
Resep:
By Ibu Fatmah Bahalwan
Rebake by: Tika
250 gr margarin (saya pakai Blueband)
250 gr mentega (saya pakai Wisman)
100 gr gula halus
4 kuning telur
700 gr tepung terigu (saya pakai Segitiga Biru)
4 sdm susu bubuk (saya pakai Dancow)

Bahan lapisan:
3 buah kuning telur (kocok lepas) campur dengan 1 sdt susu cair

Selai nanas:
4 buah nanas palembang. Haluskan dengan blender.
200 gr gula pasir
1 sdm garam
2 batang kayu manis

Cara memasak selai: masak nanas halus beserta airnya bersama garam dan kayu manis. Aduk-aduk terus. Bila nanas sudah mulai mengering, barulah masukkan gula. Aduk terus sampai kecoklatan dan matang sempurna. Proses ini penting agar nantinya nanas tidak cepat jamuran. Selama proses, selalu gunakan api kecil karena nanas mudah gosong. Gula boleh ditambah/dikurang sesuai selera. Bila selai sudah matang biarkan sampai dingin. Bentuk bulat-bulat kecil. Simpan dalam wadah tertutup.

Bahan tambahan nastar bentuk mini burger:
Manisan pepaya
Wijen putih (sangrai terlebih dahulu)

Cara membuat:
1. Kocok gula, mentega, margarin,gula halus dan telur sampai tercampur. Kocok jangan terlalu lama. Saya tidak menggunakan mixer, melainkan whisk.
2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk. Aduk pelan sampai tercampur rata.
3. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat lalu pipihkan. Belah bagian tengah, isi dengan selai yang sudah dibulatkan. lalu rapatkan kembali. Selipkan beberapa manisan pepaya kering warna merah pada bagian tengah, kanan dan kiri. Susun dalam loyang jangan terlalu rapat.
4. Oven kira-kira 30 menit. Keluarkan dari oven lalu poles 2x dengan bahan polesan. Taburi wijen putih diatasnya. Oven lagi sampai matang
Berhubung saya menggunakan oven tangkring, adonan yang baru masuk saya letakkan paling bawah. Bila sudah setengah matang saya pindah ke tengah/atas. Saya juga berkali mengecek besar api, tidak boleh terlalu besar karena cepat gosong. Terlihat matang diluar tapi didalamnya masih basah. Api Tidak juga boleh terlalu kecil karena akan sangat lama matangnya.

Demikian cerita kecil saya dibalik nastar ibu fatmah. Terimakasih Bu Fat atas ilmunya. Terimakasih tak terhingga pada NCC untuk berbagai macam resep inspiratifnya.
Hormat saya,
TIKA

Leave a Reply

