Bubur Rang-rang NCC by Tafriha Umar

img_20161112_203448-01

Assalaamu’alaikum…
Hallo, I’m kam bek lagi nih bu-ibu host hehe
Bubur ini merupakan bubur favorit saya waktu kecil.
Bubur ini di kampung saya ada mitosnya,  jadi kalau ada anak kecil yang baru pertama kali tumbuh gigi pasti dibancaki(apa ya bahasanya, semacam diselameti gitu) kecil-kecilan pakai bubur ini, tapi nggak ngundang orang, bubur ini yang dianter ke setiap rumah, biasanya pada buburnya dikasih kelapa yang diiris kecil-kecil menyerupai gigi hihihi atau bisa juga dikasih kelapa parut. Ada lagi mitosnya yaitu kalau sering celaka atau jatuh juga dibancaki pakai bubur ini, katanya supaya dijauhkan dari segala celaka.
Terlepas dari itu semua, bubur ini rasanya legit banget karena perpaduan dari beras ketan, gula merah, dan santen. Yang pengen icip monggo resepnya dibawah ini ya…

Bubur Rang-rang
Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan :
100 gram beras ketan
150 gram gula merah sisir
1500 ml santan encer
1 lembar daun pandan, simpulkan
1 sdt garam

Saus :
500 ml santan kental
1 sdt garam

Cara membuat :
1. Masak 1000 ml santan encer dengan beras ketan dan garam sambil diaduk hingga menjadi bubur.
2. Di tempat lain, masak 500 ml santan encer dan gula merah hingga larut. Angkat dan saring. Masukkan larutan gula merah dan daun pandan ke dalam bubur, masak kembali hingga bubur mengental. Angkat.
3. Saus : Masak santan dan garam sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat.
4. Sajikan Bubur Rang-Rang dalam mangkuk dengan disiram sedikit saus santan.

Salam anti gagal
Tafriha Umar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s