Steak Tenggiri Saus Putih NCC by Selma Alan

steak-tenggirincc

Salam host anti gagal, semoga sehat selalu ya, dan diberi kesempatan bertemu lagi dalam keadaan sehat. Aamiin.

Ucapan terima kasih buat bu Fatmah Bahalwan buat resep-resep anti gagalnya. Resepnya bagus dan membuat saya semakin termotivasi untuk berusaha lebih baik dan baik lagi.
Postingan kali ini saya recook resepnya bu fatmah yaitu steak tenggiri saus putih. Saya baru sadar, kalau ikan pun bisa dibikin steak dan rasanya malah lebih enak dari steak daging. Ikan yang dipakai sepertinya harus ikan berdaging banyak seperti tenggiri, salmon dan tuna. Tapi diantara semua ikan, favorit seluruh keluarga termasuk saya adalah ikan tenggiri. Kampungnya abi itu di bengkalis yang lautnya terkenal akan ikannya yang enak-enak. Lautnya nggak cantik, nggak kayak di Bali kampungnya umi. Lautnya banyak lumpur dan pantainya hitam. Tapi jangan salah, ikannya enak-enak. Makanya ikan-ikan di laut kepulauan Riau sampai diekspor keluar negeri seperti jepang dan singapur.
Kalau di bengkalis itu, tiada hari tanpa ikan. Nggak bosan-bosan. Seringnya dimasak asam pedas. Enak masyaAllah. Ikan tenggiri biasanya dibakar aja dan dimakan dengan sambal kecap udah enak banged. Sekarang kebetulan ke pasar bawah dan ketemu ikan tenggiri bagus segar. Lumayan masyaAllah bisa untuk persediaan, jadi nggak makan ayam atau telur aja. Udah jarang makan ikan karena banyak yang diformalin, alhamdulillah dapat yang segar begini kan senang juga.
Trus lihat resep baru ini jadi penasaran, gimana sih rasanya. Secara ikan tenggiri ini kan digoreng aja udah enak, gimana kalau dibikin steak ya. Dan benar aja, lezat masyaAllah. Sausnya juga mendukung. Harusnya pakai kentang dan mix veggetables juga seperti di foto resep, sayang minyak goreng habis jadi nggak bisa goreng kentang. Mix vegetables juga nggak ada. Oh ya steak tenggiri ini juga jadi solusi kalau kehabisan minyak goreng seperti saya, hihi. Sehat dan nikmat. Serasa makan di restoran steak aja, hehe.
Steak Tenggiri Saus Putih
by Fatmah Bahalwan
Bahan:
4 potong ikan tenggiri
3 bh      bawang putih
1 sdm   ketumbar
1 sdm   garam
5 sdm   air
4 sdm   margarin
Bahan saus:
5 sdm   margarin
½ bh     bawang bombay cincang
2 bh      bawang putih cincang
2 sdm   tepung terigu
200 ml  susu segar
Pelengkap:
French fries
Mixed vegetable
Cara membuatnya:
Haluskan bawang putih, ketumbar dan garam, beri air. Lumuri ikan dengan bumbu halus ini, diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap.
Menggunakan wajan steak, panaskan margarine. Masukkan ikan, masak hingga berubah warna. Balik dan biarkan hingga matang. Angkat, letakkan pada piring saji. Sisihkan kaldu ikannya.
Buat saus putihnya: panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu. Masukkan tepung terigu aduk rata, tuangi susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan kental. Masukkan sisa kaldu ikan, aduk rata. Biarkan mendidih. Angkat.
Sajikan steak ikan dengan saus putih, kentang goreng dan mixed vegetable.
Selamat Mencoba ^_^
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s