puding lumut NCC by Ineke Damayanti

puding-lumut

Bismillah.

Assalamualaikum,dear ibu ibu admin. Kembali saya setor resep anti gagal ncc, yaitu puding lumut. Saya buat puding ini untuk snack time anak saya. Walaupun pakai telur tapi aroma puding ini gak amis. Pemakaian air daun suji dan pandan yang membuat aroma puding ini jadi tidak amis. Di resep di tulis, sesudah matang langsung tuang ke cetakan agar berbahan stainles yang bukan plastik. Untuk mendapatkan corak lumut yang cantik. Nanti telur dan santan yang pecah akan naik ke atas permukaan puding, nah saya kemarin buat loyang stainles nya selesai buat manggang bolu jadi belum di cuci. Jadinya saya tunggu adonan puding hangat dulu baru saya tuang ke cetakan agar berbahan plastik. Yah gak cantik corak lumut nya. Warna nya juga jadi hijau pucat, karena waktu pertama buat air daun suji dan pandan tidak saya rebus jadi puding nya bau rumput kata anak saya. Supaya hilang aroma rumput nya saya rebus air blender daun suji dan pandan nya. Harus nya takaran nya di tambah kalau mau di rebus jadi warna nya gak pucat.

Walaupun hasil nya tidak secantik seperti yang di unggah di web, Alhamdulillah anak anak suka. Baik untuk snack time batita saya,karena penuh gizi.
Ini resep nya yang di tulis oleh Ibu Fatmah Bahalwan.
Bahan bahan
1 bungkus agar putih atau hijau @7 gr,saya pakai yang putih
150 gr gula pasir
300 ml air
250 santan kental dari 1butir kelapa
1/2 sdt garam
2 btr telur ayam kocok lepas
Air pandan dan suji 230 ml dari 20 lembar daun suji dan 5 lembar daun pandan, saya rebus dulu supaya gak ada aroma rumput.
Cara membuat
Taruh dalam panci agar agar,gula,garam. Beri air dan santan kental,aduk rata.
Masukkan air daun suji dan pandan,aduk rata.
Nyalakan api kompor, masak sampai mendidih,biar kan ketika agar agar mendidih, masukkan kocokan telur sambil terus di aduk. Lalu diamkan sampai santan dan telur memisah.
Angkat lalu langsung tuang ke loyang stainles,supaya dapet corak lumut yang cantik. Nanti santan,telur yang memisah akan naik ke atas permukaan loyang.
Biarkan dingin,baru potong potong dan sajikan.
Terima kasih dan selamat bertugas ibu ibu admin,semoga tetap sehat ya.
Wassalam.
Leave a Reply

