Resep Sambal Goreng Tempe NCC by Selma Alan

sambal-goreng-tempencc

Salam anti gagal buat host anti gagal 5Host Bee – autiful,

Mau share tentang sambal goreng ni.
Sambal goreng itu khasnya dari jawa. Kalau di sumatra yang ada sambal lado. Tiap daerah memiliki kekhasan tersendiri. Awalnya saya mengira sambal goreng ala jawa itu beda tipis aja dengan sambal lado. Ternyata banyak bedanya. Apalagi di tegal dan brebes, sambal gorengnya wangi aroma sereh. Wangi deh. Biasa sebagai teman makan nasi Ponggol. Jadi penasaran gimana sih rasanya nasi Ponggol itu. Ada yang tahu?
Orang sumatra penggemar sambal lado, saya kira begitu juga dengan daerah lain, pasti doyan sambal ya. Kalau tanpa cabe, rasanya kurang mantap, hehe. Ada sambal, makannya bisa berpiring-piring, makin pedas, makin enak. Tapi jujur aja, saya nggak begitu suka pedas, cukup berasa aja, nggak mau yang pedas kali. Apalagi yang pakai level itu, wah nggak sanggup kayaknya.
Ada macam-macam sambal goreng. Biasanya sambal goreng kentang ati dan sambal goreng tempe. Saya nyoba bikin yang tempe dulu, penasaran ma rasanya. Setelah dimasak dan dicicipi, unik rasanya, sambalnya wangi dan ada gurih dari santan. Sedap juga. Harits pun ikutan suka. Silahkan mari menikmati sambal goreng tempe yang nikmat ini. Apalagi kalau bukan pakai resepnya NCC. Supaya otentik dan anti gagal. Ini ya resepnya.
Resep Sambal Goreng Tempe
Sumber: Fatmah Bahalwan
Bahan:
1. 250 gram tempe, potong dadu
2. 3 buah cabe hijau, potong serong
3. 3 batang sereh, potong panjang, memarkan
4. 2 lembar daun salam
5. 1 ruas lengkuas, memarkan
6. 1 ruas kecil jahe, memarkan
7. 500 ml santan sedang
8. 100 ml minyak, untuk menumis
9. 1 sdm kecap manis
10. ½ sdt garam
11. 1 sdm kaldu bubuk
Bumbu, haluskan:
1. 5 buah cabe merah besar
2. 4 buah cabe kriting
3. 5 buah bawang merah
4. 4 buah bawang putih
Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan cabe hijau, sereh, salam, lengkuas,jahe aduk-aduk hingga aroma harumnya keluar.
2. Masukkan tempe aduk rata, tuang santan. Masak terus hingga agak kental, beri garam, kecap manis dan kaldu bubuk. Cicip, pastikan asin manisnya sudah cukup. Angkat.
Selamat Mencoba ^_^
Area lampiran
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s