Donat Kentang NCC by Rina Ledyana

dsc_0085-01_20161108031631027

assalamualaikum,

halo halo..
salam kenal buat seluruh member ncc dan seluruh host “B” bee-autiful. Lama sekali saya tau tentang milis ncc tapi saya tidak menemukan bagaimana cara bergabung di ncc. akhirnya pada suatu sore saat membuka fb saya melihat Grup ncc, mau percaya atau tidak. saya langsung gemetar.. hahaha.. tidak pikir panjang. saya langsung add, dan tidak lama kemudian bergabunglah saya di grup fb ncc.. waaaaaaa senang.. bahagia..

banyak resep yang saya tau enak dan anti gagal dari ibu fatmah bahalwan.. dan baru pertama kali juga saya tau ,yang mana ibu fat.. norak yah… haha memang. malah dulu sering salah sebut nama fatimah bahalwal..tapi tak apalah. saya memang belum lama mencintai dunia perbakingan. belum lama juga saya bergabung dengan grup ncc.. tapi banyak sekali ilmu yang sudah saya dapatkan.. tips dan trik membuat berbagai makanan saya dapatkan dari sesama member..saya percaya ketika kita mau berbagi dengan sesama, pasti kita akan diberikan kemudahan oleh Allah S.W.T.. amin amin ya rabbal alamin.. ah ngak penting yah cerita saya.. hahaha maaf kalau tidak berkenan..

dengan cerita tadi diatas.. akhirnya saya tau yang namanya event online NCC WEEK “RESEP ANTI GAGAL”.. ini adalah kali pertama buat saya mengikuti event ini.. dengan berbekal ilmu yang tak seberapa ini.. saya mencoba memberanikan diri untuk ikut dalam acara ini..

Dan kali ini saya memilih “DONAT KENTANG NCC ” kenapa donat.? karena seluruh keluarga kecil saya menyukai donat.. hihi. biasanya saya tidak pernah membuat donat kentang. paling banter ya donat biasa aja..Tapi setelah donat kentang ini muncul di meja makan… suami memuji habis habisan kelezatan dan keempukan donat ini.. dan akhirnya saya pun jatuh hati pada resep bu fat yang satu ini.. singkat kata saya meyelamatkan 3buah donat untuk saya uji coba daya tahannya (kalau tidak saya selamatkan tidak akan bersisa haha).. ternyata di hari ke 3 donat masih empuk.. hanya saja bentuknya sudah mleyot mleyot (aduh apa ya bahasa yang enak, hihi) memang terdapat banyak perbedaan dari donat biasa dan kentang.. donat kentang lebih harum, legit dan empuk pastinya.. untuk saat ini dan entah sampai kapan, saya tidak mau pindah ke lain resep… lebay yah.. biar ah.. hihi

saya yakin 3/4 umat di Indonesia ini pasti sudah tau resep ini.. (1/4 umat yang ngak tau adalah yang doyan beli donat) haha tapi ijikan saya untuk mengulang resep ini..

Donat Kentang
Source : Fatmah Bahalwan NCC

Bahan-bahan:
500 gr Tepung terigu protein tinggi (cakra)
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant (fermipan,dll)
200 gr kentang kukus(haluskan+dinginkan)
100 gr gula kastor/gula halus
75 gr mentega
4 butir kuning telur
1/4 sdt garam halus
100ml air dingin (es)

Cara Membuat:
1. Dalam wadah campur semua bahan kering kecuali garam (tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata) masukkan kentang halus dan telur. masukan air dingin perlahan. uleni hingga rata dan setengah kalis.
2. setelah adonan setengah kalis,masukan mentega dan garam, uleni lagi hingga kalis elastis. (tandanya kalau adonan direntangkan tidak mudah sobek). istirahatkan adonan (Proofing 1) tutup dengan kain atau cling wrap, sampai mengembang 2 kali lipat.
3. setelah mengembang 2 kali lipat tusuk adonan dengan jari.. keluarkan semua udara yg ada didalam adonan.. setelah itu timbang adonan (saya 40gr). bulatkan adonan. setelah semua adonan dibulatkan.. gilas ringan adonan, supaya melebar. Istirahatkan lagi (Proofing ke 2 dan terakhir) sampai mengembang ringan.
4. Panaskan minyak goreng dengan api sedang cenderung kecil selama kurang lebih 10 menit. sebelum digoreng lubangi donat..(saya menggunakan lubang spuit kecil) Goreng dalam minyak banyak hingga kuning keemasan
5. Angkat dan tiriskan. Taburi topping sesuka hati.. (sebetulnya tanpa ditopping pun donat ini sudah enak)

saya akan memberikan beberapa tips dalam membuat donat yang saya dapatkan dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi. sebelum kita bahas lebih jauh. tips yg paling utama adalah:

*Biasakan membaca suatu resep dengan seksama sampai selesai. pahami dulu resep tersebut.. baru action.. bukan action dulu baru dipahami.. :’*

1.ketika kita menguleni (menggunakan tangan) terkadang kita terlalu lama menguleni dan adonan menjadi kehilangan kelembapannya.. solusi: basahi sedikit tangan dengan air lalu lanjutkan menguleni.. karena ketika adonan kering.. (donat biasanya akan pecah pecah ketika digoreng)

2. untuk masalah proofing (mengembangkan adonan) jangan terpatok pada waktu ( ayam kali ah terpatok haha) semua tergantung cuaca.. ketika cuaca dingin biasanya waktu profing akan lebih lama dan sebaliknya ketika udara panas profing akan berjalan cepat.. jadi biasakan untuk melihat adonan.. ketika adonan sudah lebih besar 2 kali lipat. hentikan proofing.
ketika cuaca lebih dingin saya biasanya profing adonan di dekat magic jar, pinggir kulkas atau didalam oven yang dihangatkan sebentar. (INGAT: hanya dihangatkan,bukan dinyalakan apinya terus menerus nanti jadi donat panggang.. hehe) hangatkan oven kurleb 1 menit saja.. ini sangat membantu ketika udara lebih dingin atau untuk yang jualan, sedang banyak pesanan..(akan mempercepat proofing)

3. Gunakan Minyak padat (frying shortening atau frying fat) untuk menggoreng donat.. supaya donat tidak berminyak.. atau bisa juga dengan menggunakan minyak goreng dicampur shortening (mentega putih) dengan perbandingan 1liter minyak : 100 gr mentega putih..

4. WHITE RING (ring donat atau cincin donat)
dulu kalau ada donat yang ada Putih ditengahnya dianggap tidak matang.. yang matang adalah yang merata warna coklatnya.. hihi.. sekarang orang berlomba lomba mendapatkan white ring.. yang harus diperhatikan dalam mendapatkan white ring:

* adonan harus kalis elastis (kalau adonan direntangkan tidak mudah putus dan membentuk membran transparan)

* proofing adonan yang tepat: bagaimana cara mengetahui adonan sudah siap goreng.. adonan sudah mengembang dan bila diangkat adonan terasa ringan.. bila adonan over proofing (terlalu lama dikembangkan). adonan akan sulit diangkat (mleyot mleyot maaf bahasanya aneh hihi )dan cenderung bentuknya akan berubah bila digoreng.

*ketika menggoreng donat.. goreng bagian atas terlebih dahulu (karena bagian atas adalah bagian yg terkena udara) jadi kering.. goreng donat dengan 1 kali balikan saja.. maksudnya gimana tuh? goreng donat 1 sisi sampai kecoklatan lalu balik donat,(donat tidak perlu disiram siram minyak)tunggu sampai kecoklatan, angkat.. simple kan..

*saya pernah membaca satu postingan tentang mendapatkan white ring.. dengan menggoreng dengan minyak sedikit menggunakan teflon.. sekali lagi white ring memang ada.. tapi itu bukan white ring alami.. tetapi white ring yang dipaksakan.. hehe white ring yang ASLI terbentuk karena udara dari dalam donat. membuat donat mengambang dalam minyak dan menghasilkan lingkaran putih donat.. (kira kira sih gitu) heheh

yah itulah sedikit prakata dari saya.. (what! sedikit haha) mohon maaf kalau ada salah atau kurangnya mohon dikoreksi.. saya juga hanya umat manusia yang sedang belajar dan ingin dikoreksi… akhir kata terimakasih untuk Ibu Farmah Bahalwan dan 5 HOST “B” bee-autiful untuk kesempatan ini..

terimakasih juga untuk semua member setia NCC yang selalu dengan senang hati berbagi pengalamannya yang membuat orang lain juga semakin bisa dan pintar… Hidup sendok dan garpu.. hehehe

wassalam,
Rina Ledyana

Leave a Reply

