Brownies Kukus Lapis coklat NCC by Ineke Damayanti

brownies-kukus

Assalamualaikum.

Dear ibu ibu admin, saya setor kembali resep anti gagal NCC, Brownies Kukus Lapis Coklat. Biasanya resep ini selalu menjadi andalan untuk dibawakan oleh oleh tamu,sanak saudara yang berkunjung ke rumah, nengok lahiran dede bayi, nengok orang sakit. Kata nya rasa brownies ini mirip dengan brownies kukus amanda. Walaupun saya juga sering buat untuk keluarga kecil saya. Supaya rasa coklat nya nyoklat banget,saya pakai 2 macam coklat bubuk, Tulip noir dark dengan java chocolate. Satu resep ini jadinya banyak banget,karena saya pakai loyang untuk buat  lapis beras yang ukuran 5×15 cm. Maksud nya supaya di potong nya sama rata.
Saya tahu resep ini dari millis NCC. Banyak menyimak saja dari para senior bakul kue. Sebelum beredar brownies kukus Ny. Liem, brownies kukus lapis coklat ini lah yang terkenal untuk base cake ultah. Nyoba sekali dua kaki memang benar, brownies ini rasa nya enak nyoklat banget,tekstur nya seperti sponge cake.
Ini resep nya
Brownies Kukus Lapis coklat oleh Ibu Fatmah Bahalwan.
Saya buat 1/2 resep saja.
Bahan bahan
Bahan A
12 butir telur
450 gr gula pasir
20 gr emulsifier(saya skip)
1 sdt garam
Aduk semua bahan A kecuali garam sampai kental berjejak. Sisihkan dahulu.
Bahan B
300 gr mentega/ margarine
200 gr DCC
1 sdm pasta coklat
1 sdm pasta vanila
Tim semua bahan B di atas air hangat, sampai DCC meleleh dan larut bersama margarine. Tunggu sampai dingin.
Bahan C
75 gr coklat bubuk, saya pakai tulip noir dark dan java chocolate.
300 gr tepung terigu
Bahan D untuk filling
200 gr coklat beras(meses)
Penyelesaian
Masukkan bahan C sambil di ayak ke dalam Bahan A. Aduk balik supaya tercampur rata.
Masukkan bahan B sambil terus di aduk supaya margarine dan DCC tidak mengendap di bawah.
Masukkan garam aduk sampai rata.
Sebelum tahap penyelesaian,mulai panaskan dandang pengukus.
Oles loyang dengan minyak bisa,margarine bisa. Bawah loyang saya lapis dengan daun pisang,gak punya baking paper.
Tuang adonan ke loyang 1/2 dari tinggi loyang.
Kukus selama 5 menit, tabur coklat beras sampai rata. Masukkan adonan sampai 3/4 tinggi loyang.
Teruskan mengukus sampai 25 menit
Sudah matang,biarkan hangat baru keluar kan dari loyang.
Tunggu dingin betul baru di potong potong supaya rapih potongan nya.
Tips
Brownies Kukus Lapis ini bisa menjadi base cake ultah, jadi gak perlu di bagi 2 oles butter cream.
Di santap hangat nikmat, dingin juga nikmat.
Supaya tidak gagal,ketika masukkan lelehan DCC bersama margarine harus di aduk secara homogen,jadi nanti lemak dan air tidak misah ketika di kukus,alias bantet.
Terima kasih ibu ibu admin, Insya Alloh bertemu kembali pada resep anti gagal NCC lain nya yang sudah biasa di buat dari dapur saya. Tetap sehat ya….
Wassalam.
Leave a Reply

