Nasi Kuning Tumpeng NCC by Hafni Dewi

PicsArt_11-04-09.14.36.jpg

Untuk pertama kalinya saya ikut serta di event NCC resep anti gagal. Banyak sekali resep-resep dari NCC yang sudah saya coba, salah satunya yang saya ikut sertakan di event kali ini adalah tumpeng mini yang saya buat awal Oktober lalu untuk merayakan ulang tahun pertama putri saya. Resep nasi kuning tumpeng Bu Fatmah memang anti gagal banget deh, pertama kalinya saya nekat buat tumpeng dan langsung berhasil, sukses dipuji tetangga. Senang dan bangganya masih kerasa sampai sekarang 😆😆

Tumpengnya kokoh, rasanya jg gurih enak dan pulen.

Buat yang nekat mau mencoba, silahkan ya, ini resepnya
Nasi Kuning Tumpeng
By. Fatmah Bahalwan

Bahan :
800 gr       beras putih
200 gr       beras ketan
1200 ml    santan
1 sdm       kunyit halus
2 sdm       garam
4 lbr          daun salam
1 lbr          daun pandan
2 btg         sereh
1 sdm       air jeruk nipis.

Cara Membuat :

1. Campur beras dan beras ketan, cuci bersih tiriskan, kukus.
2. Sementara itu campur kunyit dan santan, saring, buang ampas kunyit.

Masak bersama daun salam, pandan dan sereh. Tambahkan garam. Masak terus hingga mendidih. Matikan api.
3. Masukkan beras yg masih panas kedalam santan, aduk rata. Biarkan hingga santan terserap habis, dan beras menjadi aron. Tuangi air jeruk nipis. Aduk rata.
4. Kukus beras aron selama 20 menit, angkat. Cetak dalam cetakan tumpeng, yang ujung lancipnya sudah dialas daun pisang dan dipoles sedikit minyak sayur.
Selamat mencoba.
Terimakasih NCC
Leave a Reply

