SERABI BERAS NCC Recook : djowoklaten

dsc_1196-01

SERABI BERAS NCC
Bismillah,
Alhamdulillah Puji dan syukur saya panjatkan kepada Alloh SWT, disaat orang berkumpul ingin” Demo “, saya memilih dirumah saja melakukan aktifitas masak -memasak pagi ini di mulai dengan menyiapkan sarapan, membuat Bekal, serta Sajian camilan. Yang kali ini saya buat juga untuk meramaikan event NCC Week, “Resep NCC anti gagal”. saya memilih Mengolah dari Resep Serabi Beras dan dari resep yang tertulis di blog NCC saya buat 1/2 resep saja untuk santan saya ganti dengan susu plain cair, karena mengurangi konsumsi santan, cetakan yang dipakai adalah cetakan poffertjes atau takoyaki, jadi Serabi berasnya imut -imut.
SERABI BERAS NCC
Recook : djowoklaten
200 gram Tepung Beras
1 sdt ragi instan
3 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
2 butir telur ayam
560 ml santan encer (#saya pakai susu plain cair)
2 tetes pasta pandan
Cara membuatnya
Campur tepung beras, gula, garam, tambahkan ragi instan, dan masukkan susu cair sedikit demi sedikit, terakhir masukkan telur yg sdh dikocok lepas.
Setelah tercampur merata, diamkan adonan hingga terfermentasi sempurna.
Tandanya terdapat gelembung2 diatas adonan.
Bagi dua adonan sebagian beri pasta pandan.
Panaskan cetakan, setelah panas tanpa dioles apapun masukkan adonan 3/4 penuh, masak hingga adonan bersarang lalu tutup.
Tunggu hingga matang, terlihat adonan mengkilat ya.
Siap disajikan dengan kuah
Saya buat kuah gula rempah
150 gram gula aren
300 ml air
1/4 sdt garam
Jahe
Kayu manis
Cengkeh
Masak sampai air mendidih dan gula larut.
Atau
Memakai wedang bajigur instant yg tinggal seduh air panas aja.
Tips dan trik
1. pastikan Ragi anda masih bagus ya.
2. pastikan adonan sdh terfermentasi sempurna, lihat gelembung2 diatas adonan.
3. pastikan cetakan yang digunakan sudah benar-benar panas agar sarang bisa keluar, jangan menutup sebelum semua sarang muncul ya.
4. utk cetakan yg anti lengket tidak perlu dioles apapun.

 

Leave a Reply

