Opera Cake by Wahyuni Rizkia

picsart_11-04-01-28-16

Pertama nyoba buat cake ini saya sudah berhasil hanya saya masi kurang rapi dalam memotong cake. Benar ini Resep Anti Gagal meskipun modalnya besar saya berani bikin karena sudah jauh-jauh ikut kursus kelas Cake Internasional di Matraman. Dan tara ini cake kali ke 4 saya terima orderan.

Bahan A:
15 kuning telur
5 butir telur
200 gram gula kastor
15 gram (1 sdm) cake imulsifier, misal sp, ovalet dan tbm
125 gram tepung terigu protein sedang
20 gram tepung meizena
250 gram almond bubuk

Bahan B:
90 gram mentega
90 gram margarin
1 sdm rhum (saya skip)
1 sdm SKM

Bahan C:
500 ml air, panas
40 gram cokelat bubuk
20 gram kopi bubuk
100 gram gula pasir
3 sdm rhum (saya skip)

Bahan D (Chocolate Ganache):
600 gram DCC, potong kecil-kecil
300 gram whipping cream
125 gram mentega

Cara membuatnya:
1. Bahan D (Chocolate Ganache): tim DCC bersama mentega hingga leleh, biarkan hingga hangat kuku.
2. Kocok whipping cream hingga kaku. Masukkan cokelat leleh, kocok hingga rata.
3. Bahan B: lelehkan mentega dan margarin, tuang SKM. Aduk rata, tambahkan rhum (saya skip). Sisihkan.
4. Campur bahan C menjadi satu, aduk hingga gula larut. Sisihkan.
5. Bahan A: kocok gula, telur dan cake emulsifier hingga kental dan mengembang. Campur tepung terigu dan tepung meizena, ayakkan di atas adonan telur lalu tambahkan almond bubuk, aduk rata. Masukkan bahan B, aduk rata kembali. Tuang kedalam 3 loyang ukuran 30x30x3cm atau 5 loyang 22x22x3cm yang telah diolesi margarin dan dialasi kertas. Panggang dalam oven hingga matang. Sisihkan.
6. Penyelesaian: lepaskan cake dari loyang. Basahi dengan bahan C. Susun cake di atas alas, lapisi dengan bahan D, ratakan. Tumpukkan lapisan selanjutnya. Oles lagi dengan bahan D. Tumpukkan lagi satu cake diatasnya, lalu oles lagi dengan bahan D, licinkan, hias sesuai selera.
7. Sajikan.

Leave a Reply

