ECLAIR / SOES REBAKED : MEI

PicsArt_11-03-05.47.39.png

Dear Admin Event,

Saya mau coba ikutan event resep anti gagal ini :).

Ceritanya Soes adalah kue kesukaan saya sejak kecil, kalau ibu saya pulang dari arisan dan bawa kotak kue dan ada kue soesnya, pasti saya duluan yang duluin ambil hehe.

Akhirnya kesukaan saya menurun ke anak-anak. Mereka juga sukaaaa banget sama Pastry yang satu ini. Dan gak pernah bosen minta saya buatkan.

Awal nyoba kue ini gak langsung sukses. Kuenya bantat, ga ada kopongnya. Tapi saya coba terus, banyak baca tips and tricknya.

Ternyata yang paling penting adalah suhu oven yang panas, dan tidak boleh membuka oven sekalipun saat sedang memanggang kue. Hasilnya? Soes pun kokoh mengembang sempurna.

Naah, saya paling suka pakai resep ibu Fatmah Bahalwan ini. Kali ini saya bentuk jadi Eclair. Daan, saya modif sedikit adonannya dengan mencampur sedikit cocoa powder. Karena resepnya anti gagal, mau modif sedikit juga ga masalah. Jadi deh Cokelat Eclair 🙂

Untuk isiannya saya pakai resep sendiri yang simpel saja. Hanya Vla Vanila Susu.

Berikut resepnya :

ECLAIR / SOES
SOURCE : IBU FATMAH BAHALWAN (NCC)
REBAKED : MEI

BAHAN-BAHAN :

200 ml air
125 gr mentega
1 sdm gula pasir
150 gr terigu serba guna ( saya 140 gr terigu + 10 gr cocoa powder)
4 butir telur ukuran sedang

CARA MEMBUAT :

1. Dalam panci anti lengket, masukkan air, mentega dan gula pasir. Masak dengan api sedang hingga mendidih.

2. Tambahkan tepung terigu, kecilkan api. Aduk cepat dengan silikon spatula hingga adonan kalis.

3. Pindahkan adonan ke dalam wadah, dinginkan.

4. Setelah dingin, masukkan telur satu persatu sambil dikocok dengan whisk. (Kalau saya dengan whisk dan silikon spatula)

5. Lalu, masukkan adonan ke dalam piping bag. Cetak dalam loyang yang telah dialasi baking paper atau dioles mentega.

6. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan 10 menit sebelumnya di suhu 200°C. Panggang selama kurang lebih 30 menit atau sampai buih hilang. Jangan membuka oven sekalipun selama proses pemanggangan.

Untuk kurang lebih 15 buah

RESEP VLA VANILA SUSU
BY MEI

BAHAN-BAHAN :

500 ml susu plain
5 sdm gula pasir (sendok takar)
1/2 sdt bubuk vanila l’arome
5 sdm maizena (cairkan)

HOW TO :

1. Masukkan susu dan gula pasir dalam panci kecil. Masak dengan api sedang, aduk-aduk hingga gula larut. Tambahkan vanila bubuk l’arome.

2. Setelah berbuih kecil, masukkan maizena yang telah dicairkan. Aduk-aduk. Masak hingga Vla mengental. Angkat, dinginkan.

Leave a Reply

