Donat Kentang by Tri Dini Hariani

Anakku Ghaziya (3tahun) sukaaa sekali dengan donat. Jadi dialah motivasiku dalam membuat donat yang empuk. Awalnya saya hanya mencoba resep donat biasa yang berseliweran di newsfeed sosial media, suami berkomentar “donatnya lumayan, tapi kurang empuk.” wah terasa terpacu deh semangat untuk cari resep donat empuk, dan sampailah saya memilih untuk mencoba membuat donat kentang ala bu Fat yang terkenal enaaak. Saya mencoba pertama kali membuat donat ini kira-kira 1 setengah tahun yang lalu dan entah sudah berapa kali saya membuat si DonKen a.k.a donat kentang ini. Dan hasilnya alhamdulillah suami dan anak suka. Bulan lalupun saya membuat donat kentang ini untuk kudapan arisan ibu-ibu DJP, hasilnya? Mereka sangat menyukai si donat kentang ini, teksturnya lembut, empuk, dan enaaak sekali, katanya. Bahkan donat kentang saya paling laris diantara kudapan yang lainnya, sampai dibungkus dan dibawa pulang lho. Bahkan ada yang minta resep dan minta diajarkan cara membuatnya hehehe.

Dalam membuat donat, saya selalu patuh pada resep dan sangat teliti membaca cara membuat dan menyiapkan bahan-bahannya. Asisten cilik saya, Ghaziya selalu membantu menuangkan bahan-bahan ke dalam wadah pengaduk. Saya membuat donat ini selalu manual dengan tangan, tapi alhamdulillah hasilnya memuaskan. Adonan harus benar-benar kalis elastis saat akan dibentuk, salah satu cirinya yaitu jika adonan ditekan makan adonan akan kembali ke bentuk semula. Saya selalu mencetak dengan cetakan donat. Membuatnya saat udara di luar panas agar proofing lebih cepat, menggorengnya dengan api sedang agak kecil dengan minyak banyak. Cukup dibalik sekali saja untuk menghasilkan white ring. Difoto tersebut saya sengaja menyetok donat untuk dijadikan frozen donat, jadi sewaktu-waktu pengen makan donat, bisa langsung ambil di kulkas dan goreng deh. Tips untuk membekukan donat, pertama tata rapi dalam wadah (jangan seperti di foto, karena kalo langsung ditaruh ke freezer posisi donat seperti di foto, dijamin saat akan mengeluarkan donat, donat akan menempel satu sama lain hihi) jadi diberi jarak dulu saat akan dimasukkan ke dalam freezer, jika suka agak keras, baru boleh disusun seperti di foto tersebut. Selamat mencoba ^^

cymera_20161103_091135 Ibu Fatmah Bahlawan

500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instan
200 gr kentang kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula kastor
75 gr mentega
1/4 sdt garam
4 kuning telur
100 ml air dingin (kadang aku ganti susu uht)

Cara Membuat :
– Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk hingga rata.
– Tambahkan kentang halus, masukkan kuning telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan setengah kalis.
– Tambahkan garam dan mentega, terus uleni hingga kalis dan elastis. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering.
– Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat (aku bagi menjadi berat 50 gr dan dicetak menggunakan cetakan donat). Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit.
– Goreng donat dengan api sedang cenderung kecil hingga kecoklatan.
– Angkat dan tiriskan. Setelah dingin bisa diberi topping sesuai selera.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s