Bubur Rang-rang NCC by Neng Etta

img_20161104_070919

#resepantigagalncc
Bismillah, setoran pertama buat NCC-RAG nih…
Sebagai cewek kw, proses belajar masak itu menantang banget buat etta. Berangkat dari 0 besar masak-masak, mamah kerja di luar kota jadi ga bisa diminta ajarin masak, buku dan kemudian internetlah jadi tutor etta.
Salah satu seri must-have adalah serian buku resep anti gagalnya NCC. Walaupun kenalnya telat *tutup muka* tapiiii, selama etta baca resepnya baik-baik, resapi (aycieeeh), ikutin resep to the letter, ikuti tips dan triknya … ga pernah gagal bikin makanan enak buat orang rumah.
Kali ini etta nyoba sesuatu yang baru dari buku 241 Resep Makanan Favorit Anti Gagal, Bubur Rang-Rang. Heyaaaah, ini buburnya bisa gigit gitu? Itu mah semut rang-rang 😂😂😂
Bubur ini kalau dibrowsing asalnya dari Yogya. Di beberapa daerah dikenal juga dengan nama bubur abang atau bubur nrangrang. Ini nih, si bubur merah dalam bubur tradisi bubur merah-putih. Ooooooooooooooooo, baru tau ya? Sama kak 😁😁
Bikinnya agak lama, setelah santan bergula masuk lama banget perasaan. Jadi penasaran gimana kalo bikinnya di slow cooker aja. Gunakan GULA MERAH jangan gula pempek kayak etta, hasilnya kegelapan soalnya ga seperti yang di contoh foto. Ini nih salah satu faktor pembuat gagal, main ganti bahan 😁😁😁. Jangan ditiru yaaa.
Yang pengen nyobain makan bubur serupa semut rangrang ini silakan bikin sendiri di rumah ^^
Bubur Rang-rang
Bahan :
100 gram beras ketan
150 gram gula merah sisir
1500 ml santan encer
1 lembar daun pandan, simpulkan
1 sdt garam
Saus :
500 ml santan kental
1 sdt garam
Cara membuat :
1. Masak 1000 ml santan encer dengan beras ketan dan garam sambil diaduk hingga menjadi bubur.
2. Di tempat lain, masak 500 ml santan encer dan gula merah hingga larut. Angkat dan saring. Masukkan larutan gula merah dan daun pandan ke dalam bubur, masak kembali hingga bubur mengental. Angkat.
3. Saus : Masak santan dan garam sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat.
4. Sajikan Bubur Rang-Rang dalam mangkuk dengan disiram sedikit saus santan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s