Bolu Kukus Mekar 10 menit Anti Gagal modif : fithrotal chaq

picsart_11-03-03-30-29

Membuat segala jenis cake bagiku gak sesulit menakhlukan si Bolu kukus mekar ini . Dari awal belajar baking , hanya si bolu kukus ini saja yang katanya resep mudah , ekonomis tapi bagiku begitu sulit ditakhlukan . Sampai mencoba beberapa resep trik juga sudah aku coba , gagal semua , mekar tapi saat dibuka tutupnya bagian bawahnya kempes , ihiks , sedih banget . Sampai mikir apa ini pengukusku yang gak tepat , karena aku masih pake pengukus biasa .

Dan akhirnya suatu hari nemuin status postingan bolu kukus mekar ini diberanda FB , oleh seorang teman . Dan aku pun mulai mencobanya meskipun masih rada trauma , hihi .. Dan setelah dicoba , masyaaAllah bukan main , seneng banget , waktu dibuka tutup pengukusnya si bolu pada ketawa semua , dan bawahnya pun gak kempes yeeey .  Dan aku pun nyoba selanjutnya pakai resep lain dengan trik dan tips yang sama eeeh gagal lagi , akhirnya sekarang selalu pakai resep NCC ini deh kalau bikin bolu kukus mekar , alhamdulillah gak pernah sekalipun gagal dari awal nyoba resep ini sampai yang aku post ini ,,masyaaAllah ,seneng banget . Dan ini tadi aku padahal lupa pakai cetakan muffin waktu mengukusnya , deg-degan saat itu karena adonan sudah dikukus ,sambil berdoa , dan saat matang , alhamdulillah pada ketawa gak sopan , alias ngakak semua … hihi
untuk tips nya sama sih kayak pada umumnya
1) jangan mengisi air kukusan terlalu tinggi , karena percikan air bisa mengenai kue , dan bikin bantat ( apalagi model kukusan biasa ya , plus punyaku juga bahan stein less jadi cepat panas dan menghasilkan uap air lebih banyak dari baca-baca sih gitu ) , jadi tiap mau mengukus lagi , tambahkan air , lalu biarkan dulu sampai mendidih baru masukkan adonan selanjutnya
2) Karena kukusanku rada rendah sarangannya , jadi aku lapisi dengan sarangan dandang/ pengukus lain yang lebih kecil , model sarangannya kayak pengukus jaman dulu itu , rada tinggi dan terbuat dari aluminium . ini karena pernah aku amati , jika terlalu sedikit diberi air sebelum matang air sudah habis , kalo agak tinggi sedikit air yang mendidih muncrat alah apa ya bahasanya, eem percikan airnya mengenai bawah kue .
3)aku melapisi tutup kukusan dengan 2 serbet , karena jika satu serbet takut tidak bisa menaampung uang airnya dan menetes di atas kue
Bolu Kukus Mekar 10 menit Anti Gagal
Source : Fatma Bahalwan
modif : fithrotal chaq
bahan
450gr gula pasir
500gr terigu
4 telur
300 cc susu cair
1 sdt baking powder double acting
1 sdm sp
bahan tambahan :
meises cokelat
meises warna warni
cara membuat
1) panaskan kukusan ,kalau pakai dandang ,jangan lupa alasi dengan kain serbet bersih ya . Alasi cetakan dengan paper cup , sisihkan
2) Dalam baskom  campur semua bahan jadi satu,lalu mixer sampai kental dan putih ,bagi 2 adonan , satu beri meises warna warni , satu lagi beri meises cokelat , aduk memakai spatula asal rata
3) Masukkan adonan sampai penuh ya
4) masukkan kukusan,dan kukus selama 10, jangan buka kukusan sampai waktu 10 menit ..
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s