Bolu Kukus 10 menit By Tuan Putry

bolkuk

Salam host 5 Host “B” Bee-autiful
Ikutan meramaikan event ncc terkini ya… 🙂

Duluuu…paling deg degan kalau bikin kue ini. Kalo ga mingkem,bantet. Atau di php in sama kue ini. Waktu baru buka tutup kukusan dia cakep dan mekar merekah. Eeeeh…perlahan tapi pasti dia mulai menciut dan bantet. Patah hati deh hehe.. Alhamdulillah nemu resep ini di milisnya ncc. Pertama nyoba Alhamdulillah sukses..jadi ketagihan deh bikin terus.apalagi krucils dan bapake suka banget ama kue ini. Setelah pindah rumah beberapa tahun lalu terlupakanlah kue ini. Baru kemarin ketika hujan seharian dan stok kudapan kosong,teringatlah untuk membuat kue ini lagi. Sempat deg degan lagi takut gagal. Alhamdulillah seperti namanya resep anti gagal,bolu kukus yg sudah sekian lama tidak pernah dieksekusi lagipun tetap sukses mekar merekah. Berikut resepnya..

Bolu Kukus 10 menit
By bu Fatmah
Recook by me 🙂

Bahan:
450 gr  gula pasir
500 gr  tepung terigu
1 sdt     BPDA
4 btr     telur
300 cc  air putih / susu encer / santan
1 sdm   emulsifer
1 sdt     essence pisang (aku pake pasta black forest wilton)

Cara:
panaskan dandang
tuang semua bahan dalam satu wadah (kecuali essence or pasta)
Kocok semua bahan 10 menit, tuang di cetakan yang telah dilapisi kertas, lalu kukus selama 10 menit
simpel kan?:D

note:
Sewaktu mau ngukus kue, pastikan dandang/kukusan sudah benar2 panas dan beruap banyak, kalau belum beruap banyak sudah dipakai ngukus..alamat menciut deh tu bolkuk.
Kukus dengan api besar,
pastikan ketika air kukusan mendidih tidak sampe mengenai permukaan bawah kue. Bisa bantet bo…menciut dibawah..
Bungkus tutup dandang dengan serbet biar bolkuknya g ketetesan air..kalo ketetesan air jadi lembek gimana gitu..

Have fun in d kitcen!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s