Lapis Surabaya NCC by Rani Triningtyas

Assalamu alaikum nccers
#NCCresepantigagal
#eventonlineNCC
Kali ini perdana ikutan event onlinenya NCC Resep Anti Gagal. Waktu awal resign, sudah meniatkan mau terima pemesanan kue jadilah saya ambil kursus cake dasar ke NCC matraman, waktu itu yang mengajar adalah mbak Riana Ambarsari. Kursus berjalan seru dan saya antusias sekali,entah energi darimana pokoknya saat itu bahagia banget rasanya bisa bener-bener belajar bikin cake. Sampai rumah bawa hasil kursus dong,besoknya langsung ke Jojo belanja bahan dan beberapa loyang dulu. Pertama kali bikin lapis surabaya dan berhasil loh. Saya nggak nyangka kalau saya termasuk berani juga langsung praktek resep yang telornya banyak hihihi . Jadi temen-temen yang lain bisa juga bebikinan lapis surabaya pakai resep NCC, tanpa emulsifier, mudah sekali, ikuti step-stepnya bisa didapat dari tanya-tanya ke yang sudah pernah bikin atau bisa ikutan kursus juga. Saya pakai hand mixer untuk mengocok 10 telornya, bikin satu lapis demi lapis.
Ini resepnya yach :

Lapis Surabaya
by Fatmah Bahalwan

Bahan untuk setiap lapis:
10 btr kuning telur
100 gr gula pasir
125 gr mentega, kocok hingga mengembang dan pucat (saya : dari total mentega 375 gr, saya pakai 50:50 antara mentega:margarin)
50 gr tepung terigu
1 sdm coklat pasta untuk adonan coklat
Selai strawberry (modif saya : selai stroberi dicampur susu kental manis sedikit)

Cara membuat:
Kocok telur dan gula hingga kental, matikan mixer.
Masukkan mentega kocok, aduk rata. Masukkan tepung terigu. Aduk rata.
Tuang kedalam loyang tipis 22x22x4 cm yang sudah dioles margarine dan dialasi kertas roti. Oven 20 menit, suhu 180 derajat Celsius hingga matang.
Buat 3 lapis adonan. Untuk adonan coklat, tambahkan 1 sdm coklat pasta, aduk rata.
Ambil satu lapis cake kuning, olesi dengan selai, tumpuk dengan cake cokelat. Olesi selai, tumpuk dengan cake kuning. Potong rapikan pinggiran cake.

Gampang kan? Ayo dibikin. Terimakasih Bu Fatmah atas resepnya dan mbak Riana sudah mengajarkan bikin lapis surabayanya.
Rani triningtyas

Leave a Reply

