Donat Kentang by Selma Alan

Dear 5 Host “B” Bee-autiful

Donat, hampir semua orang suka ya, apalagi anak-anak. Dibandingkan donat aneka toping, saya malah lebih suka donat dengan taburan gula halus aja, suka banged. Donat ini punya sejarah juga bagi saya. Awal mula bikin donat kira-kira lima tahun lalu, awal-awal nikah dan baru punya anak satu. Pakai resep biasa aja di grup masak. Masih belum ada timbangan, takaran pun suka-suka aja. Belum pandai mengulen roti, nekat bikin sendiri. Fikir-fikir dulu saya kok suka sekali modal nekat ya. Kalau masak sih, masih ada feelingnya, dan enak aja walau asal cemplung. Lah kalau bikin kue, ya gagal dong jadinya. Kue kan takarannya harus pas. Sebenarnya membuat roti itu nggak sesusah membuat kue, cuma ada kerumitan tersendiri juga, Kunci utama membuat roti, adonannya harus kalis elastis, jadi hasilnya baru sukses. Balik lagi ke cerita perdana saya membuat donat, karena saya rasa adonannya kok lengket banged, jadi saya tambahkan ragi. Sekarang saya jadi mikir, dulu kok saya tambahin ragi ya, harusnya kan tepung. Pokoknya lucu banged. Hasil donatnya keras dan bau ragi. Tapi masih saya makan juga, waduh bahaya ya, hihi.
Nggak bosan, saya coba lagi dan coba lagi, walau gagal dan gagal lagi. Ketemu resep donat kentangnya bu fatmah yang populer. Penasaran juga, mana tahu resep ini bisa sukses. Coba dan alhamdulillah sukses. Beneran anti gagal, hihi. Hasilnya? Mirip donat kentang yang dijual di mall-mall itu, apa jangan-jangan yang di mall juga pakai resep ini? Mungkin aja kan ;). Yang jelas, sekarang jadi suka buat donat, apalagi donatnya enak dan lembut. Seperti biasa, cuma suka ditabur gula halus aja. Sebenarnya bisa juga ditoping suka-suka sesuai selera. Mari silahkan dicomot. Psst, donatnya saya buat hari ini, dan makan keesokan harinya tetap empuk dan lembut. Suka deh.
Resep Donat Kentang
Sumber: Fatmah Bahalwan – NCC
Bahan :
1. 500 gram tepung terigu protein tinggi
2, 50 gram susu bubuk
3. 11 gram ragi instan
4. 200 gram kentang kukus —> haluskan dan dinginkan
5. 100 gram gula kastor
6. 75 gram mentega
7. 1/4 sdt garam
8. 4 kuning telur
9. 100 ml air dingin
Cara Membuat :
1. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk hingga rata.
2. Tambahkan kentang halus, masukkan kuning telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan setengah kalis.
3. Tambahkan garam dan mentega, terus uleni hingga kalis dan elastis. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering.
4. Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat (saya bagi menjadi berat 50 gram). Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit.
5. Goreng donat dengan api sedang cenderung kecil hingga kecoklatan.
6. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin bisa diberi topping sesuai selera.
Selamat Mencoba ^_^
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s