Bitterballen Keju NCC by Ineke Damayanti

Bismillah.

Assalamualaikum, Dear ibu ibu admin yang keren, saya mau setor lagi resep anti gagal ncc. Bitterballen Keju NCC ini sudah menemani saya untuk menu snack time anak saya, Alhamdulillah berlanjut pada order dari teman teman nya. Pesan ke ibu nya masing masing mau bitterballen ini. Saya jual sudah dalam keadaan matang dan beku. Kalau bisa di bilang ini menu camilan western pertama kali yang saya buat. Pertama baca postingan resep di web seperti nya mudah dan bahan bahan simple. Ikut perkembangan berita di email dulu deh, eh ternyata tinggal kesulitan itu ada di saat memulung adonan dengan tangan lalu celupkan telur dan tepung panir. Kalau tidak bulat sempurna, bitterballen akan pecah saat di goreng. Coba buat setengah resep dulu deh, Alhamdulillah sukses. Buat lagi,sukses dan akhir nya jadi varian froozen food saya.
Judul nya untuk snack time anak saya jadi saya tambahkan 1 buah wortel ke adonan. Maksudnya supaya penuh gizi camilan ini.
Ini resep nya, anti gagal juga.
Penulis Ibu Fatmah Bahalwan
Bahan Bahan
100 gr margarine
1 Butir bawang bombay
2 siung bawang putih cincang halus
150 gr tepung terigu
350 ml susu cair
200 gr daging giling tumis(bisa pakai ayam)
1 batang daun bawang iris halus
50 gr keju cheddar parut
Garam secukupnya
merica bubuk, 1/2 sdt cukup
Pala bubuk,1/4 sdt cukup
Gula pasir
Saya tambahkan wortel ukuran sedang parut kasar
Bahan pelapis
3 butir telur kocok lepas,saya beri garam dan merica bubuk sedikit.
tepung panir secukupnya,saya pakai 1/4 kg masih sisa.
Minyak untuk menggoreng, 1/4 kg cukup.
Cara membuat
Tumis bawang bombay dengan margarine. Masukkan wortel parut, Masak sampai wortel setengah matang, masukan tumisan daging. Aduk rata.
Masukkan tepung terigu, Aduk sampai rata.
Masukkan susu cair,Aduk sampai rata supaya tidak ada gumpalan terigu.
Masukkan keju parut,garam,gula,merica bubuk dan pala bubuk.
Aduk sampai kalis ya, adonan tidak menempel di wajan. Masak dengan api kecil supaya tidak gosong bawah nya.
Masukkan irisan daun bawang, di masukkan terakhir supaya warna nya cantik.
Angkat dan biarkan dingin adonan nya.
Ambil 30 gr adonan bulat kan, gak di timbang juga gak apa apa,karena saya buat di jual supaya ukuran nya seragam. Bulatkan sampai halus permukaan nya, bisa di bantu pakai plastik.
Celupkan ke telur lalu tepung panir, lakukan sampai adonan habis.
Panaskan minyak dengan api sedang lalu goreng sampai kuning keemasan.
Angkat dan tiriskan minyak nya.
Sudah dingin, packing untuk di bekukan…loh koq, lah kan buat 2 resep, 1 resep buat di jual,1 resep buat snack time anak saya.
Hasil jadi nya 23 buah
Terima kasih teman teman di milis yang sudah berbagi tips dan trik bitterballen nya, terutama ibu Fatmah Bahalwan,semoga barokah ilmu nya,Aamiin.
Terima kasih juga untuk ibu ibu admin,selamat bertugas dan tetap sehat ya…..
Wassalam.
Leave a Reply

