Agar Agar Karang by Ineke Damayanti

Bismillah.

Assalamualaikum,
Dear Ibu ibu Admin, saya setor kembali resep anti gagal yaitu Agar Agar Karang NCC. Menurut saya resep ini berasal dari kegagalan mengaduk santan dan telur ketika agar agar mendidih, santan dan telur yang pecah ini menimbulkan motif sendiri di agar agar ketika sudah dingin.
Jujur,ketika Ibu Fatmah Bahalwan memposting resep ini di group FB, tak terasa air mata saya meleleh. Mengingatkan pengalaman dahulu ketika waktu kecil saya di minta bantuan mengaduk agar agar gula merah. Bahan nya sama pakai gula merah,santan dan telur. Tapi saya gak pernah tanya ukuran nya. Tugas saya hanya mengaduk. Yah nama nya anak anak apapun di buat sarana bermain. Saya pun belum paham kalau adonan pakai santan itu harus di aduk terus,supaya ketika mendidih santan tidak pecah. Dan selesai di masak harus terus di aduk. Akhirnya santan pecah dan telur misah sendiri sendiri dari adonan agar agar. Wah alm. ibu saya marah sangat di tambah lagi alm.bapak saya. Ternyata agar agar gula merah ini mau di bawa untuk suguhan halal bi halal di keluarga besar alm.bapak.
Sulit untuk memahami untuk saya kenapa hanya ukuran agar agar gula merah bisa marah nya seperti itu. Baru lah saya bisa memahami ternyata alm.bapak dan ibu ingin memberikan yang terbaik ketika acara halal bi halal dan kalau mau buat lagi lumayan dana nya, karena acara itu swadaya dari keluarga besar nya.
Andaikan dulu sudah mengenal internet akan saya tunjukkan bahwa kegagalan itu menimbulkan suatu kreatifitas. Brownies juga awalnya dari resep yang gagal kan…..Salut untuk kreatifitas ibu Fatmah Bahalwan, dari santan pecah ketika di masak jadi lah agar agar karang ini. Walaupun ini versi gula merah dari puding lumut.
Ini resep nya yang di tulis Ibu Fatmah Bahalwan
Bahan A
1200 ml santan sedang dari 1 butir kelapa sedang.
2 bungkus agar agar bubuk putih @ 7 gr.
3 sdm gula pasir.
Bahan B
4 butir telur kocok lepas.
Bahan C
300 gr gula jawa/gula aren
400 ml air
1 rimpang jahe memarkan
10 lembar daun jeruk purut
2 lembar daun pandan
Cara membuat
Bahan A
Semua bahan aduk jadi 1sampai tidak bergumpal lalu sisihkan.
Masak bahan C sampai mendidih, saring biarkan hangat.
Masukkan bahan C ke Bahan A masak sampai mendidih, kecil kan api.
Mulai tuang bahan B secara perlahan, biarkan sesaat ketika selesai di tuang.  Biarkan sampai santan pecah. Biarkan sampai berbuih baru angkat dan biarkan hangat.
Tuang di loyang agar agar kapasitas 2 ltr.
Biarkan dingin lalu sajikan.
Hhhmm…aroma gula merah,daun jeruk,daun pandan dan jahe sungguh buat adem. Masak nya pas hujan deras, aroma mirip bajigur…he..he.. Belum secantik motif karang seperti yang di posting ibu Fatmah Bahalwan.
Terima kasih Ibu Fatmah Bahalwan atas ide nya yang kreatif dan tanpa batas,semoga barokah.
Terima kasih juga untuk ibu ibu admin,selamat bertugas dan jumpa lagi pada setor resep anti gagal ncc lain nya. Tetap sehat ya ibu ibu admin.
Wassalam
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s