Telur Balado by Ineke Damayanti

 

Bismillah.

Assalamualaikum…..Dear ibu ibu admin, kembali lagi saya setor ya. Telur Balado, di postingan web NCC, telur berbalut sambal merah ini ada di setiap daerah di Indonesia, jadi indonesia banget. Jadi ingat jaman kuliah dulu, menu telur itu murah,enak dan bergizi. Buat saya kalau ada menu telur sudah istimewa. Memang betul praktis menu telur balado ini apalagi untuk menu sahur. Kalau alm. Ibu saya buat selalu pakai tomat, tapi kata teman teman saya yang berasal dari Sumatra, yang nama nya balado itu gak ada pakai tomat. Memang sih beda selera. Alhamdulillah saya pakai resep Ibu Fatmah Bahalwan ini pada suka, waktu saya ada order untuk nasi boks. Kalau ada botram(makan bareng) menu andalan yang saya bawa ya Telur Balado ini. Hemat gak pakai tomat, soal nya harga tomat fluktuasi terus. Walaupun harga cabai juga mengalami fluktuasi. Ini resep nya,simple sekali.
Bahan bahan
10 butir telur, rebus, goreng sebentar.
1 kg cabai merah besar,giling kasar, saya hanya pakai 1/4 kg cabai besar tanjung.
250 gr bawang merah, iris tipis. Saya pakai 150 gr saja.
50 gr bawang putih,haluskan. Saya pakai 25 gr saja.
2 batang sereh memarkan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas,memarkan
1 sdt garam
1 sdt gula
500 ml Minyak goreng
Cara membuat
Tumis irisan bawang sampai layu, masukan bawang putih halus, sereh,daun salam dan lengkuas. Masak sampai harum.
Masukkan cabai giling, beri air sedikit. Masak sampai cabai matang. Masukkan garam dan gula jangan lupa di cicip.
Masukkan telur, aduk perlahan. Masak sampai air habis.
Siap di sajikan bersama nasi hangat dan kerupuk warung. Segini juga sudah luar biasa nikmat nya… Alhamdulillah.
Terima kasih ibu ibu admin, selamat bertugas dan semoga sehat selalu.
Leave a Reply

