Kue Lumpur NCC by lina herlina

kuelumpurncc
Akhir Sebuah Pencarian (kue lumpur by lina herlina)
Semenjak kecil saya suka banget dengan kue lumpur,
Saking sukanya kebawa sampe detik ini, setiap ke toko kue ataupun ke pasar pasti saya nyari kue lumpur. Kalau ada meeting di kantor pasti snack yang pertama saya cari ya si kuning nan menggoda ini.
Tapi saya selalu merasa ada yang kurang dari setiap kue lumpur yang saya coba, ada yang kemanisan, ada yang teksturnya kasar, berlubang, bahkan kering dan rasa kuenya kurang legit ada juga yang gosong banget bawahnya. Bahkan kue lumpur dari toko kue terkenal pun teksturnya kok kering dang ujung ujungnya kurang legit.
Sudah lama saya simpan resep kue lumpur by fatmah bahlawan, ah kayanya ribet banget bikinnya nanti aja lah kalau inget saya buat.
Sampe hari bersejarah itu tiba, awal oktober saya ingin membuat beberapa macam kue untuk temen temennya zahra keponakan saya, karena kebetulan sebentar lagi zahra ulang tahun.
Inget resep kue lumpur ncc, ah coba deh dari pada penasaran. Saya baca saya teliti ah gak ribet kok gampang malah. Saat membuat adonan tidak ada kesulitan sama sekali. Ketika itu saya memilih panggangan yang ukuran medi kebetulan saya punya juga yang ukuran kue lumpur kebanyakan, tapi karena saya penyuka snack yang tidak terlalu besar jadi saya pilih yang medi karena buat saya makan kue kegedean bikin eneg.
Setelah dibakar ih cantik banget hasilnya mulus, shiny, dan lembab lembab menggoda. Saya coba 1 eh enak nih, saya coba lagi bener enak. Teori makan kebanyakan kue bikin eneg pun langsung gugur hehehe. Lain kali bikin yang ukuran gede.
Keesokan hari saya cobain kuenya ih rasa kuenya makin legit tidak kering dan awet tidak basi mungkin karena santannya di masak dulu sebelum diadonin jadi tahan lama kuenya.
Akhirnya saya menemukan kue lumpur yang sesuai dengan idaman saya. Sepertinya gak akan mau lirik lirik kue lumpur di toko kue manapun nih, terimakasih NCC i love you full.
Resep :
KUE LUMPUR
by : Fatmah Bahalwan
Bahan:
500 gr gula pasir
500 gr tepung terigu
1 kg kentang, kukus dan haluskan
200 gr margarine, lelehkan
5 btr kuning telur
4 btr putih telur
1 ltr santan
1 sdt vanilli
1 sdt garam
200 gr kismis, untuk taburan
Cara membuat:
1.     Kocok gula dan telur sampai putih dan mengembang (tidak perlu naik), masukkan garam dan vanilli sambil terus dikocok.
2.     Tuangi santan, aduk rata, masukkan kentang halus dan tepung terigu secara bertahap sambil tetap diaduk rata.
3.     Terakhir, tuang mentega leleh, aduk rata.
4.       Panaskan cetakan kue lumpur, poles mentega, tuangi adonan hingga ¾ penuh, tutup, biarkan setengah matang taburi kismis, tutup lagi, biarkan sampai matang. Angkat. Variasi taburan lain bisa menggunakan parutan keju, irisan nangka, coklat mesis, dll.

Tips gunakan api yang kecil agar permukaan kue mulus dan tidak gosong luarnya.
Leave a Reply

