Bolu Kukus Mekar Pelangi Modifikasi:Dapur Comel Selma

Dear 5 Host “B” Bee-autiful
Berpelangi ria yuk. Pengen main-main warna. Sekalian buat variasi jualan. Bikin bolu kukus mekar. Alhamdulillah sejak dua kali sukses bikin bolu kukus, jadi pede untuk jualan. Resepnya bu fatmah ini memang anti gagal. Metodenya all in one. InsyaAllah kalau patuh resep, bakalan sukses deh.
Cerita dulu ya. Membuat bolu kukus mekar ini memang gampang-gampang susah. Banyak yang gagal, dan akhirnya nggak mau merekah tapi malah mingkem, mengkeret dan bantat. Sampai ada istilah kutukan bolu kukus lah. Saya nggak percaya yang namanya kutukan-kutukan. Tapi saya termasuk jajaran yang selalu gagal buat bolu kukus mekar. Seringnya bantat atau senyum malu-malu.
Banyak variasi resep bolu kukus mekar ini. Ada yang gula dan telur yang dikocok terpisah dengan tepung. Saya pernah coba. Dan gagal juga. Huaa sedihnya. Sampai akhirnya saya kenal resep NCC ini. Metodenya gampang banged, semua bahan cemplungin aja jadi satu, Sebelum buka dandang sempat deg-degan, sukses nggak yaaa. Dan taraaaa, alhamdulillah sukses, semuanya mekar. Sampai lompat-lompat saking senangnya. Beberapa hari kemudian bikin lagi, dan sukses lagi. Dimodif jadi motif semangka, zebra, sukses semua. Duh kebayang kan senangnya.
Belakangan saya telusuri deh, kenapa sebelumnya bisa gagal melulu. Memang benar kan ya kesuksesan itu berasal dari beberapa kegagalan. Dengan gagal, kita bisa belajar. Kita bisa tahu dimana letak kesalahan dan menjadi lebih baik lagi. Ternyata kunci yang paling penting dari bolu kukus mekar ini, mengocok telur harus sampai putih, kental dan berjejak. Jika adonan dijatuhkan, maka membentuk pita dan berlipat-lipat. Kunci kedua, mengisi adonan ke cup harus penuh. Supaya bisa mekar cantik. Kemudian dandang harus benar-benar panas. Dan mengukusnya dengan api besar. Alhamdulillah jadi tahu ya teman-teman. Walaupun begitu, saya belum mau move on dari resep bu fatmah ini, masih jatuh cinta, hihi. Mau resepnya juga, ini ya. Resepnya cuma saya variasikan bentuk pelangi dengan menambahkan aneka warna.
Resep Bolu Kukus Mekar Pelangi
Sumber: Fatmah Bahalwan
Modifikasi:Dapur Comel Selma
Bahan:
1. 450 gram gula pasir
2. 500 gram tepung terigu
3. 4 butir telur
4. 300 ml air soda
5. 1 sdt baking powder double acting
6. 1 sdm sp
Cara Membuat:
1. Campur semua bahan jadi satu, lalu mixer dengan kecepatan tinggi hingga kental dan putih.
2. Panaskan kukusan, alas tutupnya dengan serbet.
3. Tuang di cetakan yang telah dilapisi kertas, lalu kukus selama 10 menit.
4. Angkat dan sajikan.
Selamat Mencoba ^_^
Tambahan:
1. Untuk warna pelangi bisa memakai metode saya ini:
a. Bagi adonan menjadi enam warna pelangi dan satu warna putih. Adonan putih lebih banyak dari adonan warna. Masukkan adonan warna kedalam pipping bag.  Sisihkan.
b. Masukkan adonan putih ke cetakan bolu kukus beralaskan cup certas hingga 3/4 cetakan. Spuit warna pelangi diatasnya berbentuk polkadot selang seling.
Area lampiran
 bolu-kukus-mekar-pelangi1ncc
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s