BANANA CAKE NCC by dwitasari puspita

Akhirnya, hadir lagi momen event online di grup NCC tercinta… karena dari sana saya banyak mendapat ilmu baru, saudara baru dan membuka peluang saya untuk menambah tabungan anak-anak…

Tema Resep Anti Gagal langsung membuat saya flashback ke event HMFF sekitar 1 tahunan yang lalu, ketika saya baru saja beberapa bulan bergabung dengan grup NCC… ketika itu terbayang kerepotan saya demi keiinginan untuk hadir ke even HMFF dengan catatan anak-anak harus diajak… kami dari NCC Depok berangkat bersama menggunakan commuter dan harus naik turun angkot untuk mencapai tempat tujuan.. tapi yang menjadi ketakutan saya, tidak terjadi karna saudara-saudara baru saya di NCC sangat amat membantu sekali saya menggandeng stroller dan ada teman yang menggandeng balita saya… terimakasih banyak teman-teman..  maafkan telah merepotkan…(*padahal baru hari itu kami berjumpa)…
Lalu apa hubungannya dengan Resep Anti Gagal ini, diHMFFlah saya pertama kalinya kepincut dengan buku yang keren ini..  Resepnya sangat mudah dipahami bagi kita yang baru belajar memasak… Harganya pun sangat worthed dengan banyaknya resep yang saya dapatkan… Dan yang lebih wow lagi ternyata tak ada resep yang ditutupi sama persis dengan yang sudah dishare ke sosial media…
Sebelum mengenal buku ini saya sedikit tidak akur dengan oven.. sampai-sampai mama saya berkata, “pipit kalau mau masak lumayan lah, tapi jangan suruh bikin kue (*cake maksudnya)”… aiiiihh.. kadang saya cuman bisa nyengir sendiri, karena dari beberapa cake yang saya bikin secara panggang 80%nya hasilnya bikin harus banyak-banyak minum air putih… hehehe…Dari kata-kata mama itu saya mulai membuktikan bahwa saya harus bisa bikin cake panggang…
Mulailah saya buka buku Resep Anti Gagal ini yang saya sebut ” Buku Primbon”.. kebetulan dirumah sedang kelebihan stok pisang, maka mulailah saya eksekusi resep banana cake NCC..
Yang bikin semakin jatuh cinta sama buku ini, resep yang ada menggunakan bahan umum yang mudah di dapat…berikut resepnya…

BANANA CAKE

BAHAN:
-8 kuning telur
-4 putih telur
-250 gram gula pasir
-150 gram mentega
-250 gram tepung terigu protein sedang misal Segitiga
-4 buah pusang ambon, haluskan
-1sdm air jeruk nipis (*saya menggunakan air jeruk lemon)

CARA MEMBUAT:
1. Campurkan pisang  halus dengan air jeruk nipis, aduk rata, sisihkan.
2. Kocok mentega dan gula pasir hingga mengembang dan pucat. Masukkan kuning telur sambil dikocok terus hingga tercampur rata.
3.Tuangkan secara bergantian pisang halus dan tepung terigu sambil diaduk rata sisihkan.
4. Kocok kaku putih telur, masukkan ke dalam adonan pisang secara bertahap, aduk rata.
5. Tuangkan adonan ke dalam dua buah loyang loaf ukuran 10x27x7 cm yang telah dipoles mentega dan ditaburi sedikit tepung terigu.
6. Panggang dalam oven suhu 180’C selama 45 menit atau hingga matang. Angkat, keluarkan dari loyang dan biarkan dingin
7. Sajikan

Pada saat proses pembuatan cake ini, sempat terjadi insiden loyang loaf meluncur bebas,ketika saya sedang mengecek tingkat kemarangan, setelah 40 menit. Ternyata cake belum matang bagian dalamnya, dan 1/4 sebagian adonan tumpah ke lantai. Dengan harap harap cemas, saya meneruskan ptoses pemanggangan dengan adonan yang tersisa di dalam loyang. Alhamdulillah… Resep ini memang TOP… adonan matang dengan nilai memuaskan…

Leave a Reply

