Batagor by Ineke Damayanti

Bismillah.

Assalamualaikum….Dear ibu ibu admin, saya ikut kembali ya setor resep anti gagal NCC. Ini sebenar nya satu paket sama siomay bandung kemarin yang sudah saya setor. Biasanya saya kalau buat Siomay Bandung NCC selalu buat 2 resep, 1 resep nya untuk Batagor. Untuk Batagor ini gak saya jual soal nya tidak cocok bila di bekukan. Alhamdulillah enak banget, buat nya juga mudah gak perlu alat alat listrik yang keren, modal wajan aja untuk menggoreng. Saya simpan resep batagor ini bersama siomay bandung ncc, jadi 1 pekerjaan 2 menu bisa selesai. Alhamdulillah siomay nya laris terjual, batagor nya laris sama anggota keluarga. Terima kasih ibu Fatmah Bahalwan dan crew NCC, semoga barokah ilmu nya, Aamiin. Saya mengikuti reportase di web ncc yang ada topik kursus siomay bandung dan batagor yang melegenda. Subhanallah peminat kursus nya selalu membludak. Sayang terpisah jarak dan waktu, bila saya domisili di jakarta pasti saya rajin berkunjung ke matraman. Tak apa dari Bandung saya rajin mengunjungi web, blog, FB dan millis NCC,walau saya tetap silent reader tapi Subhanallah ilmu nya.
Ini resep sama ya seperti resep siomay bandung
Bahan bahan
500 gr daging ikan tenggiri,saya belah 2 ikan tenggiri dari ujung kepala sampai buntut. Tinggal di sendok in daging ikan nya, mudah koq.
1 sdm bawang putih halus
2 sdm bawang merah halus
2 sdt lada halus
3 butir telur ayam
400 gr labu siam parut kasar
450 gr sagu tani(saya pakai sagu biasa)
1 sdt chicken powder(saya tidak pakai)
1 sdm minyak wijen saya ganti dengan minyak goreng
3 sdm gula pasir
3 sdt garam
1 bungkus kulit siomay goreng
Cara membuat nya
Dalam wadah campur daging ikan beserta telur,masukkan bumbu, garam,gula dan lada halus. Adik sampai rata.
Masukkan labu siam parut dan minyak goreng,Aduk sampai rata.
Masukkan tepung sagu, Aduk sampai rata saja jangan terlalu lama mengaduk nanti jadi alot adonan nya.
Siapkan wajan berisi minyak banyak, panaskan dengan api kecil.
Siapkan satu lembar kulit pangsit goreng, isi dengan 1 sdm adonan langsung goreng. Dengan api kecil saja ya supaya adonan matang sampai dalam.
Kalau sudah kuning merata, angkat dan siap sajikan bersama bumbu.
Sajikan bersama potongan timun lebih nikmat.
Sebenarnya pakai tahu juga, belah miring tahu, kerok sedikit dalam nya,isi dengan adonan langsung goreng. Saya tidak pakai tahu,sudah habis untuk buat siomay.
Bumbu batagor
Sama bahan nya seperti siomay bandung
500 gr kacang tanah goreng, masih panas haluskan
3 siung bawang putih
200 gr cabai merah,saya pakai cabai tanjung, rasa tidak pedas, warna merah merona.
500 gr ubi merah matang halus kan,saya pakai kentang kukus.
2 sdm cuka,saya ganti asam jawa
2 sdm garam
8 sdm gula pasir
1,5 liter air
Minyak sayur secukupnya,saya pakai 50 ml
Cara membuat nya
Dalam panci,campur semua bahan.
Masak sampai meletup letup,masak dengan api kecil, terus di aduk ya supaya gak gosong bawah nya.
Semakin di inapkan semakin enak,karena keluar minyak dari kacang nya.
Sajikan bersama kecap dan perasan jeruk limau.
Subhanallah, aroma batagor ketika di goreng buat perut kriyuk kriyuk.  Apalagi di siram bumbu kacang nya Ya Alloh sungguh nikmat sekali.
Terima Kasih sekali lagi untuk resep nya ibu Fatmah Bahalwan, 1 resep ini bisa untuk jualan dan menu sehat untuk keluarga,Alhamdulillah.
Sampai bertemu kembali pada postingan selanjutnya dari saya ya ibu ibu admin. Selamat bertugas dan tetap sehat ya….
Leave a Reply

